Home » » Kirab Manten

Kirab Manten

Antusias Penonton
Serangkaian acara pernikahan yang ditunggu-tunggu masyarakat jogjakarta adalah kirab manten. Acara kirab manten ini di gelar  kemarin tanggal 23 oktober 2013 jam 09.00 wib. Antusias penontonpun sangat tidak bisa dibendung sehingga berjubel dan saling dempet-dempetan. Rasa penasaran dan keingin tahuan akan makna tradisi keratonpun yang membuat penonton berjubel. Penonton tidak hanya datang dari masyarakat Jogjakarta tapi banyak yang datang dari luar Jogjakarta. Masyarakat yang mau menontonpun dari pagi sudah memadati jalan yang akan dilalui iring-iringan kereta yang membawa penganten, termasuk admin yang tidak ingin ketinggalan...hehheeee. Penjagaan penontonpun diperketat dengan mengerahkan 2000 relawan untuk membuat pagar betis.
Senyum manis Gusti Hayu
Banyaknya penontonn yang berjubel jadi sulit untuk mengabadikan moment kirab tersebut, semua berebut untuk mendapatkan gambar yang terbaik, maklum aja ini pemandangan yang sangat langka.

Kereta ditumpangi Sri sultan ke X
Setelah rombongan manten sudah  sampai di kepatihan selanjutnya disusul dengan iring-iringan Sri Sultan X dan GKR Hemas yang dikawal dengan prajurit keraton.

Setelah semua rombongan masuk ke Kepatihan, masyarakatpun pada berebut untuk makan gratis yang disediakan oleh para pedagang angkringan. Jajanan pasarpun juga banyak di hidangkan untuk para penonton.

Salam Manis



52 komentar:

  1. kemarin njenengan hadir Mbak Iis? saya cukup melihat saja dari tv...

    semoga pernikahannya dilimpahi banyak kebaikan, aamiin.

    Mbak Iis ikut nganter boyongan ke New York nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lihat langsung mbak mslhnya anak2x pada libur sekolahnya.

      saya nganter ke ngayogyokarto wae....hehehee

      Hapus
    2. istilahnya ngiring manten ke newyork sana ya ? bawa rengginang sama kerupuk upil

      Hapus
    3. hahhaaa....wah kerupuk upil itu pasti kesukaannya pak agus

      Hapus
    4. Wah ada yang aneh lagi Krupuk upil?
      Itu sejenis Makanan kaya Singkong Rebus
      Bukan yah Mbak Iis..? hhhh

      Hapus
  2. Prosesi kirab manten dari keluarga Kraton Yogyakarta ini sangat menarik dan tentu momen yang sangat langka apalagi ini putri terakhir Sri Sultan Hamengkubuwono X. Budaya Jawa yang perlu terus dilestarikan sampai generasi mendatang sebagai kekayaan budaya Nusantara yang tak ternilai harganya.

    Salam cemerlang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, kata orang jawa itu namanya nguri-nguri kabudayan

      Hapus
  3. wah ramai sekali ya acaranya...saya mah cukup liat di tv aja mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya lihat langsung ikut desak-desak'an

      Hapus
    2. Wah hati2 Mbak Iis,,? jangan sampai di desak-desak
      Takut nya seperti kaya, Kue Sale pisang nya sobat
      Blogger saya juga, sama Kang WS, hh salam humor Mbak

      Hapus
  4. Cuman bisa nonton di tipi aja... h-haa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gpp, kalau nonton langsung pasti berdesak-desakan kog

      Hapus
  5. Budaya Jawa Sangat Unik Ya ?? Sudah seharusnya dilestarikan.

    Nggak heran antusias penonton sampai begitu padat karena Prosesi langka dikalangan kraton.

    Menyimak dengan sepenuh hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duduk manis ya sambil pandangi foto mantennya..hehee

      Hapus
  6. acara nikahannya 3 hari, memang Pak Sri pengen ikut berbagi kebahagiaan dengan rakyat kok...

    di desa saya, putrinya Pak Kaur Kesra, dulu nikahannya 7 hari 7 malam, ibu-ibu yang rewang pada klenger kecapekan...e lha dalah setelah beberapa tahun malah cerai....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya 3 hari jeng, wah kalau rewangan pasti wak'e kueesele pollll.
      kalau masalah cerai itu mah wis takdir..hehee

      Hapus
  7. sultan kok urik yo, aku ga diundang
    padahal udah niat mau kondangan kok, asal diongkosin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaa...ngarap.com
      sultan kayaknya lupa tuch kang

      Hapus
    2. alesan mau minta ongkos pulang aja mas..mas

      Hapus
  8. kalau dekat aku pingin lihat langsung

    BalasHapus
  9. wah heboh juga ya, itu orang no 3 di jogja ya mbak, nanti lihat di tv ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha no. 1 di jogja, sdh lihat di tv ya kemarin..

      Hapus
  10. Keretanya unik ya, Mba. . :)
    Saya juga lihat acaranya di tipi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kereta jaman peninggalan sultan yg dulu, acaranya meriah ya

      Hapus
  11. ini royal wedding versi jogja.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, ala keraton jogja yang penuh makna dan budaya

      Hapus
  12. Rame banget yah kirab, mantenan anak sri sultan itu, tapi sempat kepanasan jg nih Mbak Iis saat ambil gambar, plus desak2kan pula pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya, rame banyak orang berjubel pingin di depan biar bisa berfoto dari dekat dan hasilnya yg bagus...hehheee

      Hapus
  13. mantunya raja jadi pestanya rakyat yogja ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesta rakyat dan pesta raja....hehheeee

      Hapus
  14. Sayang banget aku tidak bisa kesana, maklum sibuk kerja dikantor. Kapan ya aku bisa nikah dan dikirap seperti beliau ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang sekali gak lihat, ikut do'a aja biar cepet dpt jodoh dan cepet nikah terus dikirap keliling desa...heheheeee

      Hapus
  15. Balasan
    1. sayang gak bisa lihat langsung..

      Hapus
  16. saya lihat di tv pas arak arakan mbak.. apa itu namanya ya...? pas naik kereta kuda itu lho mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya kirab dengan naik kereta kencana milik keraton

      Hapus
  17. Gusti hayu emang ayu pisan yah...
    ini adalah foto-foto istimewa yang sangat berharga sebagai koleksi bersejarah dari perjalanan kisah perhelatan terakhir keluarga Sri Sultan ke X.

    m'ba Gusti Hayu ini pasti adiknya Phaundraka kan...kalau Phaundrakanya emang udah nikah gituh?..saya ko' ngga tau ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...kalau silsilah anak raja saya juga gak tahu kog, maklum aja bukan keturunan darah biru :)

      Hapus
  18. Iya saya juga lihat di tivi, acaranya rame banget. Ada pawai nya juga huhuhu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee...saya panas-panasan lihat pawainya

      Hapus
  19. saya tidak melihat, dan melewatkan acara ini, karena saya tidak di undang sih mbak.
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah sendiri gak lihat..hehhee
      kemarin undangannya udah diemail to pak

      Hapus
  20. Acaranya sanagat marak, dan meriah ya Mbak Iis
    Saya hanya bisa lihat di blog artikel Mbak Iis ini
    Tapi serasa lihat aslinya lho Mbak, terima kasih
    Sudah berbagi info,

    Ijin follow Mbak Iis yang Anggun, dan sejuk
    Demi kerja sama antar blogging, Motivasi saya tunggu
    Terima kasih yah Mbak Iis..?

    BalasHapus
  21. O, yah sampai Lupa Mau tanya sama Mbak Iis..
    Kalau kirab Manten tuh Bahasa Indonesia artinya
    Apa yah Mbak saya kurang paham. terima kasih

    BalasHapus
  22. wah keren bener infonya trimakasih gan :)

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno