Home » » Tata Krama Berbicara

Tata Krama Berbicara

Berbicara  di Depan Umum

Halloo sobat bloger semua, gimana kabarnya ? malam ini aku mau numpang posting lagi ya,  ku harap tidak bosen membacanya. Setiap hari tentunya kita berbicara entah berapa menit   ataupun jam, berapa  banyak kata atau kalimat  yang kita ucapkan dalam sehari, entah itu di rumah,   dijalan,  dikampus  dan sebagainya.  Berhati-hatilah dalam berbicara karena bisa-bisa mendatangkan akibat kurang menyenangkan   dikemudian hari. Memang lidah tidak bertulang  itulah pepatah yang sering kita dengar , sekali terlontar kata-kata yang tak sedap  kepada orang lain dengan apa kita akan menangkapnya kembali ?

Bebrbicarapun hendaknya harus menurut tata krama  yang ada, adapun tata krama tersebut adalah :
  1. Waktu kita berbicara hendaklah   tenang dan sopan
  2. Jangan sekali-kali menunjukan jari telunjuk  ke arah orang yang kita ajak berbaicara 
  3. Jangan memilih pokok pembicaraan yang dapat menyinggung perasaan yang kita aja bicara
  4. Jangan berbicara sesuatu  yang ingin dilupakan orang yang kita ajak bicara
  5. Mempergunjingkan orang lain sangatlah dilarang karena dapat merugikan diri kita sendiri
  6. Hindari kata-kata kotor  dalam pembicaraan 
  7. Jangan suka mempermalukan orang  yang kita ajak bicara
  8. Dan jangan bebrbicara yang mengadu domba orang lain.
  9. Jangan memotong pembicaraan orang lain  bila aberbicara di depan  orang banyak.
  10. jangan berbicara dengann berbisik-bisik karena bisa menimbulkan kecurigaan orang lain.
Adat ketimuranpun mengajarkan  supaya berbicara dengan sopan bila sama orang tua dan siapapun,bila mau memotong pembicaraan hendaknya minta ijin dulu dan itupun dilakukan bila keadaan mendesak. Bila sudah ucapkan terima kasih. 

Berbicara terlalu dekat  bisa kecipratan ludah

Waktu bebicara sebaiknya mulut  dibuka secukupnya,  gigi  hendaknya tidak tampak terkancing  hal ini akan membuat  suara kurang terdengar. Waktu diajak berbicara hendaknya mengarahkan padangan ke lawan berbicara kita, karena bila kalau kita selalu menoleh ke orang lain dapat menimbulkan kesan kurang menghargai, rendah hati atau aneh. Berbicara dengan berkacak pinggang  hendaknya dihindari karena terkesan sedang marah. Waktu berbicara kita mengambil ajrak  yang sesuai dengan orang yang kita ajak berbicar, dalam arti tidak terlalu dekat agar lawan bicara kita tidak kena ludah dari mulut kita. Bila nkita mau bersin, menguap atau batuk sebaiknya mulut kita tutup dengan tangan. 

Dengan memahami tata krama berbicara tentunya akan membuat lawan bicara kita terasa nyaman, serta menerapkan adat ketimuran kita  akan lebih menambah kenyamanan dalam berbicara. Mari kita selalu memagang teguh tata  krama dan adat ketimuran. Semoga postingan ini bermanfaat buat sobat semua.

Salam Manis.                              

87 komentar:

  1. jangan bicara berbisik-bisik soalnya inyong sudah agak kurang pendengarannya, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....bisik2x kalau cuma berdua gpp pak, tp kalau byk orang bikin prasangka jelek..

      Hapus
  2. yang point 4 buat saya mengena ni Mbak..

    BalasHapus
  3. "qul khoiron au liyasmut"

    BalasHapus
  4. yg point jam 9 udah banyak yg melanggar tuh mba, liat aja kalo ada wawancara di TV, seringnya motong pembicaraan orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....iya, malah trs bisa gontok2x an.

      Hapus
  5. bicaralah dengan sopan dan manis, kalau kurang manis liat aja diriku ya say... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee.....mesti tambah pahit,

      Hapus
  6. Iya emang harus gitu kebanyakan sekarang orang kurang tata krama

    comment balik mbak ^^
    saya followers ke 49 ditunggu folbecknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul...siaaaaaaap koment.
      mksh follownya

      Hapus
  7. goresan pena nya mbak lis sangat menarik,, membuat kita tau dan paham bagaimana cara dan batasan berbicara kepada orang lain,.. karna juga termasuk orang yang sangat hati2 terhadap lidah saya ,.. kunjung balik ya mbak lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kadang berbicara yg salah bisa menimbulkan salah paham..
      mksh kunjungannya....siap berkunjung

      Hapus
  8. bagus banget infonya
    meski kadang orang atau bahkan kita terkadang tak sadar sering melalaikan tata krama dalam berbicara

    makasih kunjungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungan baliknya...

      Hapus
  9. lengkap banget tulisanx mbk.., *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga aja bermanfaat...sekedar share aja...* smile to

      Hapus
  10. berbicara juga ada aturan nya ya mbak, nggak sembarangan berbicara dan asal ucap saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, biar tidak bikin orang lain jadi sensi..

      Hapus
  11. Betul banget mbak kalau berbicara kalau bisa jangan berbisik-bisik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karena dengan bisik2x bisa bikin curiga orang lain..

      Hapus
  12. betul banget tuh ukthy,,,,
    kita di anugerahi suara hendak nya kita gunakan dengan bijak
    untuk hal hal yang bermanfaat,,,
    ada juga peribahasa tuh,,,
    mulut mu adalah harimau mu,,,
    lidah lebih tajam dari belati,,,
    dan lain sebagai nya,,,

    salam santun,dari bumi reog :)

    BalasHapus
  13. tapi saya ga bisa berbahasa lisan yang baik mbak.. kadang asal jeplak aja.. dan juga kadang kelupaan sampe setengah treak.. hihi.. ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...apalagi kadang ngomong ama temen akrab biasanya lupa ngontrol.

      Hapus
  14. Alhamdulillah malam ini kabarku baik..
    bagaimana dengan mba lis sendiri? ^_^
    saya suka dengan postingan ini sangat bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. allhamdulillah baik dan sehat, mksh kunjungannya...
      semoga aja bermanfaat

      Hapus
  15. Sangat bermanfaat artikelnya, bisa menjadi pembelajar diri saya, terimakasih... :)
    Hadir perdana di Blog Sobat, izin share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. XIV, ditunggu komentarnya, Thx... :)
    Salam bLogger,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungan pedannya...semoga aja bermanfaat

      salam kenal

      Hapus
  16. Kalau yang no dua itu keterlaluan banget mbak. Kalau ada orang seperti itu kepada orang tua sepertinya layak di kasih cetakan mendoan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....itu berarti ngajak perang ya.

      Hapus
    2. Hehehe. Iya mbak. Awalnya gak sopn terus dikasih pelajaran.

      Hapus
  17. wew, katakanlah sejujurnya #eh ini mah lirik lagu ya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, karena kejujuran akan membawa nikmat...*gak nyambung ya

      Hapus
    2. gak nyambung gak masalah, yg penting eksis, hahaha :)

      Hapus
    3. betul...yg penting happy aja dech..

      Hapus
  18. gambarnya lucu, klo bicaranya deketan kecipratan ludah... hihihi.... bawa payung dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...takut kehujanan ludah ya bu.

      Hapus
  19. rendahkan suaranya ke yang lebih tua.. sepertinya udah jarang di perhatikan bagian yang itu sama anak-anak sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...betul sekali, yg ada sekarang malah lebih keras kalau ama orang tua..prihatin sekali

      Hapus
    2. mudah-mudahan di jauhin sama golongan yang itu ;)

      Hapus
  20. Kunjungan pertama di blog ini, tolong dilike ya, artikel yg menarik semoga makin rame pagenya :)

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. mkasih kunjungannya..siaaap meluncur

      Hapus
  21. tes... komen saya koq nggak muncul ya Mbak

    BalasHapus
  22. berbicara itu seni ya Mbak..

    BalasHapus
  23. Ini menarik pasca kasus "kepleset" nya ucapan Olga yang menuai kecaman dan kritik. Ini hanya contoh saja betapa kita harus menjaga lidah kita dan itu ada tatakramanya sebagaimana dituangkan dalam artikel yang mencerahkan ini. Awesome. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, maksudnya tidak menyinggung tp malah jadi berabe, memang harus hati2x kog kalau ngomong

      Hapus
  24. Bicara jgn ceplas ceplos, sandal bisa nempel pipi. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...bukan hanya sandl, piring aja bisa melayang kog..

      Hapus
  25. berbicara memang harus berhati-hati ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena salah ucap dikit aja bisa berabe..

      Hapus
  26. Berbicara dngan suara yg keras juga kurang baik mbak apalagi berbisik-bisik

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..makanya mending kalau berbicara apa adanya saja dan tdk perlu ditambahi dan dikurangi.

      Hapus
  27. "Berbicara terlalu dekat bisa kecipratan ludah" - hehehe benar juga ya :p
    kadang-kadang kesilapan sering berlaku tanpa sedar bila berbicara, wah nampaknya nak berbicara juga harus belajar juga ya,

    terima kasih... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...mesti ada pengalaman ya...pernah kecipratan ludah..

      Hapus
  28. Jika tidak dekat saya tidak dengar, dekat kecriptan ludah. Trus enaknya gimana ya ? apa SMS saja ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila bertemu atau bertatap muka masak harus sms kan tidak sopan...seharusnya dipriksakan aja tuch telinganya atau ditetesi biar plong dan bisa denger lagi...hehheeeeee

      mksh komentnya gan.

      Hapus
  29. hehehe yang kalimat berbicara terlaludekat bisa kecipratan ludah ,,
    gw pernahtuh sama temen, temen berbicara saking semangatnya sampe keluar tuh grimis hujan kecil dari mulutnya ,, hik,,hik,,hik,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah basah ya...gak bawa payung sich...hhehee

      Hapus
  30. dolo, awal bicara di depan umum terlihat kacau abis, sangat jauh berbeda latihan waktu di rumah..para hadirin aja pada bengong ngeliat ane yang kacau dalam berbicara..itu pengalaman yang sangat berharga buat ane..gile pokoknya..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau saya malah demam panggung...gak bisa ngomong..hehhee

      Hapus
  31. Mbak Iis, padahal saya udah komen disini, tapi nggak masuk. cek di spam, kali disitu Mbak. payah nih saya diblacklist, hiik..

    BalasHapus
  32. Mbak Iis, padahal saya udah komen disini, tapi nggak masuk. cek di spam, kali disitu Mbak. payah nih saya diblacklist, hiik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya kalau mau koment kasih kabar dulu...entar aku acc...hehhee

      Hapus
  33. iya mbak
    dan bebicaralah dengan tema yang dimengerti oleh lawan bicara
    biar bisa nyabung
    hehe,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, dan tentunya deng bahasa yg bisa dimengerti pula.

      Hapus
  34. wah..., artikel yang kayak gini ini penting banget Mbak, sehingga kita lebih memahami bahwa dalam berbicara pun ada tata kramanya. Makasih banyak ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat aja, mksh kunjungannya.

      Hapus
  35. hmm.. :)

    anak2 kita juga harusnya mau menyimak hal ini.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang anak2x suka ngomong seenaknya sendiri...hehee

      Hapus
  36. . . wachhhhhhh,, keren nich postingan nya. cz biasanya kalo berbicara itu langsung aja n gak pake tata krama. ea kalo ngobrol ma temen ato sepantaran ma dy. lha kalo berbicara dengan yg lebih tua gitu ya harus dijaga tata krama nya. cucok nich. secara hari gini banyak yg gak tau tentang tata krama . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya semoga aja postingan ini bermanfaat...kadang kita gak sadar sering ngomong seenaknya aja.

      Hapus
  37. wah keren bhak yu, mang harus pakai tatakrama, tapi sayang masih banyak yang nyrobot bhak. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....kadang juga masih kurang kog dlm tata krama, gak ada salahnya berusaha baik untuk kedepannya.

      Hapus
  38. Artikel yg bgus buat memperlajari bgaiman tat krama berbicara ....

    Sya akui sring tdk mematuhi tata krma sperti di atas ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama belajar biar bisa bertata krama yga baik, kadang kita lupa akan hal itu.

      Hapus
  39. meski hal ini banyak disepelekan tapi sangat bermanfaat,..
    inspiratif..
    Kunjungan blogwalking.
    Sukses selalu..
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya..
      siap berkunjung balik.

      Hapus
  40. Tips yang bagus mbak, untuk membangun sopan santun....
    Ijin copy ya mbak ku simpan go nuturi anak putu... hhe
    Salam.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. pak silahkan aja, semga berguna

      Hapus
  41. wah mantep infonya mbak,hehee :D selalu berkunjung untuk komen hehhee, makasi

    BalasHapus
  42. 2. Jangan sekali-kali menunjukan jari telunjuk ke arah orang yang kita ajak berbaicara

    jadi pake apa dong?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tdk sopan, entar dikira marah2x

      Hapus
  43. makanya kalau presiden itu hati2 pidatonya,bukan lelet

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno