Home » » Cemburu Dalam Persahabatan

Cemburu Dalam Persahabatan

Tampang Cemburu

Baru kelar nich kerjaan, sambil dengerin musik bikin postingan aahhh.....!! 
Yuk kita bahas mengenai cemburu....eehhh tp ini cemburu ama temen lhoo bukan ama yayangnya. Pernahkah sobat semua mengalami cemburu..?? eeeet jawabnya didalam hati aja ya..., karena disini aku mau bahas dulu tentang cemburu ama temen.


Cemburu disini merupakan sebuah sikap wajar yang bisa hinggap pada setiap diri manusia. Dia tidak hanya terjadi pada dua orang yang saling mencintai dalam ikatan pernikahan, antara suami dan istri misalnya, tapi bisa juga terjadi pada beberapa orang yang masih ada ikatan darah (adik terhadap kakak, anak terhadap orang tua, dan sejenisnya) atau antar orang yang menjalin persahabatan. Cemburu bisa berakibat baik atau berakibat buruk bergantung pada kita “mengelola” cemburu tersebut. 

Istilah “cemburu” bukanlah hal yang asing terdengar di telinga kita. Kata ini seringkali diidentikkan perasaan tidak nyaman ketika orang yang kita cintai, kita sayangi, menjadi tumpuan harapan perhatian, ternyata memberikan cinta, kasih sayang dan perhatian yang lebih banyak atau lebih besar pada orang lain yang tidak kita harapkan.
Bagi sepasang suami istri yang mempunyai hubungan serius dalam ikatan pernikahan, cemburu bisa datang pada saat salah satu pasangan ketika pasangan lainnya memberikan cinta, kasih sayang dan perhatian yang dianggap berlebih pada orang lain. Seorang suami menganggap perlakuan cinta, kasih sayang dan perhatian istrinya berlebih seperti itu hanya pantas diberikan pada dirinya seorang. Begitu pula sebaliknya berlaku bagi seorang istri. 

Sementara itu bagi beberapa orang yang masih mempunyai ikatan darah, cemburu hinggap ketika cinta, kasih sayang dan perhatian yang diberikan kepada anggota keluarga yang satu dianggap tidak sama dengan anggota keluarga yang lain. Seorang anak sulung misalnya bisa cemburu atas perlakuan ayah-bunda yang dianggap lebih banyak memberi perhatian pada adik kecilnya. Seorang adik bisa cemburu hanya karena kedua orangtuanya memberikan hadiah pada kakak sulungnya yang juara kelas sementara dia belum merasakannya karena memang belum menyamai prestasi sang kakak. 

Bagaimana cemburu dalam persahabatan? Setali tiga uang, alias tidak jauh dengan dua kasus tadi. Selama ini kita dibuat nyaman dengan sahabat yang selalu berbagi cinta, kasih sayang dan perhatian dengan kita. Tapi cinta, kasih sayang dam perhatiannya tersebut bisa jadi berkurang ketika sahabat kita sibuk dengan berbagai aktivitas. Yang jadi masalah ketika aktivitas tersebut tidak melibatkan diri kita dengan berbagai sebab, menjadi tidak nyamanlah perasaan kita kemudian. Sejak kehadiran “orang baru” dalam berbagai aktivitasnya tersebut, dalam benak kalbu seolah kita merasa cinta, kasih sayang dan perhatian sahabat kita semakin berkurang. 

Terjadilah kemudian kecemburuan perasaan berkecamuk dalam hati kita: mengapa sih mesti melibatkan dia dan tidak aku yang dianggap sahabatnya? Bagaimana mungkin dia bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan dia “orang baru” daripada dengan “aku” sahabatnya? Ini tidak fair, sepertinya sahabatku sudah mulai bosan dan melupakan aku! Dan berbagai syak wasangka lainnya bisa jadi terus menumpuk dalam hati kita. 

Jika berada pada posisi orang yang “dicemburui” mungkin kita akan merasakan ada perubahan sikap sahabat kita sejak kita mulai sibuk dengan berbagai aktivitas yang menuntut kita menghabiskan waktu dengan orang lain selain sahabat kita. Tak mau menyapa kalo tak duluan disapa, cemberut kalau bertemu, acuh tak acuh, bahakan mudah sewot dengan segala apa yang kita lakukan adalah beberapa sikap atau tingkah sahabat kita ketika dia merasa perhatian yang diberikan kepadanya berkurang sejak kita harus lebih banyak berinteraksi dengan orang lain. 

Akhirnya? Heran, bingung, juga berbagai pertanyaan muncul dalam pikiran kita : Kenapa sih mesti cemburu? Apa salah aku bergaul dengan orang lain selain dia? Kalaupun aku bersahabat lagi dengan orang lain, apakah diharamkan mencari banyak sahabat? Dan serentet pertanyaan sejenis lainnya. 

Jalin persahabatan yang baik dan jangan saling cemburu...yuk jaga ukhuwah islamiyah dalam persahabatan.

salam manis.



47 komentar:

  1. buat apa cemburu. itu bisikan setan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cemburu hanya bikin sesek hati ya...hehee

      Hapus
  2. ahh aku pernah dicemburui sahabatku sendiri, cm garagara satu waktu aku pergi sama sahabatsahabatku tanpa dia, ujung2nya ngambek, tapi untungnya mengerti setelah diberi penjelasan dan jalan bareng lagi deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku juga pernah mengalami seperti itu..ternyata hanya akan membuat pikiran tidak tenang...

      Hapus
  3. yuhuii.. temanya hot banget. up to date banget.
    cuma kalo saya sih udah jauh sama terminologi itu.
    ukhuwah, OK!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hot..tp tidak kepanasankan..
      mungkin dulu pas ABG juga merasakan ya... hehhee

      Hapus
  4. Gak pernah rasain cemburu mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga gak pernah..karena sangat menyiksa sekali..

      Hapus
  5. mungkin dengan adanya cemburu justru kita lebih memberikan yang jauh lebih baik.. :)

    saya pernah merasakannya ketika masih kuliah..
    ya tapi dengan kita yang tetap berpikir positif, tentu aura negatif akan menjadi hilang dan persahabatan tetap langgeng2 aja..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, harus bisa berpikir positif...karena berteman dengan siapa saja akan jauh lebih baik...banyak teman akan menambah keragaman pergaulan..

      Hapus
  6. cemburu itu ada karna adanya kasih sayang , tpi jangan terlalu berlebihan bisa jadi hal yang buruk....positif aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua yang berlebihan itu tidak baik...sedang-sedang aja..
      jangan cemburu buta ya..entar gak kelihatan..hehheee

      Hapus
  7. agar hub. gk renggang baikx hrs ada kejelasan dr kedua belah pihak.., dan komunikasi ada solusix... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, saling komunikasi itu yg harus ditingkatkan...

      Hapus
  8. cemburu tanda sayang tapi jangan berlebihan ngga baik jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua yg berlebihan memang jd tdk baik....malah jad berakibat bermusuhan

      Hapus
  9. iyaa .. saya juga pernah gitu gitu, tapi gak parah2 amat.. teman baik saya memang baik pada semua orang. the best bgt.. sahabat. cuma mungkin cemburunya lainlah ama cemburu vinta.. hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee....cemburu cinta sanatlah dimaklumi karena takut kehilangan orang yg dicintai.

      Hapus
  10. bisanya cemburu itu terjadi jika kawan lama ditinggalkan & kawan baru lebih diperhatiakan
    (ini biasanya lebih dominan pada anak kecil)

    BalasHapus
    Balasan
    1. khususnya terus dicuekin ya...

      Hapus
  11. Kunjungan malam sob. Sambil liat euro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..hobby bola ya, selamat menikmati tontonan bolanya

      Hapus
  12. cemburu itu karena adanya perasaan takut kehilangan.. >< haha nice post mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...betul, mungkin kalau udah ada yg baru trs yg lama dicuekin atau ditinggalkan

      Hapus
  13. jujur saja ya. Sampai sekarang kadang saya suka cemburu bila melihat ada orang bisa berhasil, bisa sabar hadapi cobaan, bisa mudah atasi kesulitan, dsb. Tapi cemburu itu melecut saya jadi semangat untuk bisa menjadi sperti mereka.
    Jadi, cemburu itu ada positifnya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kalau itu ditempatkan pada posisi yang benar, krn cemburu trs berusaha untuk lebih maju.

      Hapus
  14. mari perbanyak sahabat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena banyak sahabat akan mempenyak rejeki dan menyambung silahturahmi

      Hapus
  15. aku sering cemburu,, saat ngeliat temen bisa konsisten tilawah 1 juz bahkan lebih per hari,saat orang bisa infak lebih besar dari pada aku...
    tapi sepertinya kalo itu namanya ngiri ya, bukan cemburu, atau sama???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee....kalau ngiri cenderung trs ada rasa benci..bener gak sich ??

      Hapus
  16. cemburu menguras hati... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan menghabiskan waktu, terbuang untuk hal-hal yang tidak penting.

      Hapus
  17. asal cemburunya bisa dikelola dg baik ya gak papa. masih wajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, saling memberikan pengertian dan di komunikasikan dengan baik pula.

      Hapus
  18. cemburu dalam persahabatan cenderung tidak baik jadinya, tapi kalo cemburu dalam cinta, asal ga berlebihan saja, bisa menambah cinta...

    bener gak sih, Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuup, karena sebagai bumbu2x dalam cinta dan tuk menguji kestiaaan...hehee

      Hapus
  19. dulu pernah seperti itu tapi waktu masih sekolah, pikiran belum dewasa jadi timbul kecemburuan. tapi setelah berjalannya waktu, wawasan bertambah luas dan dewasa.. rasa cemburu itu tidak ada lagi, jadi... kalau ada mba mba atau mas mas yang cemburu sama temannya itu berarti pikirannya belum dewasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, dengan bertambahnya umur kedewasaan seseorang juga akan menalam peningkatan...

      Hapus
  20. Saya orangnya cemburuan, tapi belum pernah cemburu sama temen sendiri. Kalo dicemburuin, iya sering hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee....berarti baik dong suka menerti teman.

      Hapus
  21. wehehe, saya gak pernah nih cemburu, saya nganggapnya semua biasa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. karen cemburu juga hanya membawa kerenggangan ama teman

      Hapus
  22. Cemburu adalah hal yang wajar untuk dialami oleh setiap manusia, karena manusia di berkahi hati dan perasaan oleh sang kuasa. Cemburu juga banyak macamnya cemburu cinta, cemburu sosial dan lain-lain. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena cemburu yang berlebihan hanya akan putus persahabatan

      Hapus
  23. cemburu yang sesuai porsi tidak akan mengubah apapun... jadikan itu sebagai penyemangat...

    artikelmu makin oke say... keep blogging ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, cemburu yang positif bisa tuk jadi penyemangat..

      mksh suportnya...

      Hapus
  24. hehehe
    Cemburu menguras hati dan tenaga yaa.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno