Home » » Dampak Kebiasaan Merokok

Dampak Kebiasaan Merokok

Merokok
Apa yang ada di dalam pikiran anda semua bila mendengar kata merokok ? yang pasti berurusan dengan as ap, debu dan bau yang tidak enak. Merokok dapat menganggu kesehatan, kenyataan ini tidak dapat dipungkiri, banyak penyakit yang telah terbukti menjadi akibat buruk merokok baik secara langsung maupun tidak langsung. Tembakau atau rokok paling berbahaya bagi kesehatan manusia. Rokok secara luas telah menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki tingkat konsumsi rokok dan produksi rokok yang tinggi. Kandungan bahan berbahaya yang ada dalam rokok adalah :

Acrolein, Zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat menganggu kesehatan.

Karbon Monoxida, Gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsurzat karbon. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.

Nikotin, Cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat ras lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena menghisap rokok.

Ammonia, Gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat in sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikan saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.

Formic Acid, Cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh.

Hydrogen Cyanide, Gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.

Nitrous Oxide, Gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.

Formaldehyde, Gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.

Phenol. Zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat di dalam protein dan menghalangi kerja enzyme.

Acetol, Zat ini adalah dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.

Hydrogen Sulfide, Gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen).

Pyridine, Cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai dan pembunuh hama.

Methyl Chloride, Merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas nama hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.

Methanol, Cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.

Tar, Cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.

Nah kalua sudah tahu merokok sanat berbahaya, apa kalian masih mau merokok...??? tentunya itu dikembalikan ke kalian semua. 

Salam Manis.

56 komentar:

  1. Horee pertamax... hihihih

    alhamdulillah mbak saya selama ini tidk pernah merokok...,,jdi insya Allah aman... heheeh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiikkkkkkkk pertamax dpt hadiah...
      allhamdulilllah mengurangi penyakit juga...hehheee

      Hapus
  2. para perokok itu katanya tahu bahaya merokok mba, tapi tetep aja mereka merokok.. ada pomeo yang menyatakan bahwa satu musibah kecil lebih berharga daripada seratus nasihat, dengan kata lain harus sakit dulu kali baru deh perokok berhenti merokok, atau kalau ada niat atau punya nadzar juga bisa sih bikin berhenti merokok

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali...sulit tuk ngasih tau kalau merokok berbahaya. harus dari dirinya sendiri kalau mau berhenti..

      Hapus
    2. iya mba kadang gemes kalo asapnya mampir ke hidung, batuk2 juga ga ngaruh *curcol :P

      Hapus
    3. yup..juga bikin sesek dada kog..

      Hapus
  3. Tidak mempan nasehatnya.., dikasih gambar kepala tengkorak dibungkus rokoknya saja tidak takut kok :))
    Justru yang lebih berbahaya itu orang yang menghirup asap rokok dari pada sang perokoknya itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karena udah kecanduan sulit berhentinya, itu kesadaran dari mereka masing-masing, yang penting kita menghindar dari sebagai perokok pasif aja...

      Hapus
  4. Balasan
    1. betul sekali, kita harus berusaha menjauhi, karena sebagai perokok pasif juga sangat bahaya..

      Hapus
  5. aku untungnya ngga ngeroko mba, takut :)) masalahnya kalau udah liat akibatnya suka jadi menciuttt ahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. merokok itu bagai orang yang kecanduan, berhentinya sulit banget....syukur kalau gak ngrokok...

      Hapus
  6. Alhamdulillah ngga kecanduan merokok ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur dech...dana rokok bisa dialihkan yang lain..hehee

      Hapus
  7. Aduuh mengerikan sekali zat yang dibawa rokok ya Mbak. Menjadi sial saat menjadi perokok pasif. Ngga tau juntrungannya, tau-tau divonis sakit paru-paru misalnya. Ngga fair banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, istilahnya gak makan nagka kena pulutnya...hehheee

      Hapus
  8. Alhamdulillah,saya tidak perokok mbak.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur dech, jadi bisa hemat...hehee

      Hapus
  9. alhamdulilah sampai saat ini saya bukan termasuk ahli hisab hehehheehheehehe...



    salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. allhamdulillah semoga aja tidak tergoda dengan ahli hisab..hehehee

      kenal kembali

      Hapus
  10. merokok itu bisa bikin "anti tua/awet muda" mbak
    udah banyak data yang membenarkannya
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas awet penyakitnya....hehhee

      Hapus
  11. aye benci banget ame asap rokok =,=

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena asap juga bisa menimbulkan penyakit...

      Hapus
  12. Mau ngilanginya susah kali mbak hehehee...
    btw thanks sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah kecanduan memang susah banget kog...tp semoga suatu saat nanti mau berhenti...

      Hapus
  13. Alhamdulillah saya tidak merokok dan tidak ingin mencobanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selagi msh mudah jangan coba-coba..hehhee

      Hapus
  14. makasih sudah mampir ke blog saya. Artikel ini sungguh menarik. Dimana mana bahaya asap rokok selalu mengancam kita, dan konon perokok pasif justru lebih berisiko.

    Trims sudah sharing. Salam kenal juga :)))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjugan baliknya...
      hanya bisa menghindar biar tdk berdampak bagi sang perokok..

      Hapus
  15. Sebenarnya aku juga merokok. Dan sudah tahu dampak buruknya. Tapi gak tahu kenapa q sulit berhenti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee........suami sendiri juga udah kecanduan, makanya aku bikin postingan ini...kali aja dia baca trs mau berhenti..heheee

      Hapus
  16. bagi beberapa orang, merokok memiliki kegunaan dan manfaat meskipun orang tsb tau akibatnya... kembali ke pribadi masing2 say.. umur manusia toh kita ga tau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener say, contone bojoku, katanya kalau tdk merokok ora isoh nyambut gawe...hehheee

      Hapus
  17. yang suram itu mbak kita yang gak ngerokok tapi jadi perokok pasif =.= malah lebih bahaya menjadi perokok pasif di banding aktif. -.- :D nice post mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, perokok pasif memang sangat berbahaya...jalan satu-satunya cuma menghindari...

      Hapus
  18. kunjungan balik mbak..

    sama mbak, saya gak suka ama asap rokok.
    alhamdulillah papa sama adek cwok gak merokok.jdi, rumah aman dri asap rokok..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya...
      allhamdulillah jauh dari masalah,,

      Hapus
  19. racun yg terkandung dlm rokok yg pernah sy baca katax ada lbh dr seratus..., satu racun sj bs membahayakan kesehatan gmn klo 100 racun ya..., Ampuuun..!

    thx infox ya mbk *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul...badan banyak racun..

      mksh kunjungannya.

      Hapus
  20. info yang menarik...

    nambah ilmu, rokok emang bahaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...semoga aja bermanfaat

      Hapus
  21. saaaangat bersyukur saya punya suami dan bapak yg tidak merokok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ikut senang...
      ini saya bikin postiungan karena terinspirasi rumah...krn byk debu dan asap...

      Hapus
  22. Paling gak suka kalo duduk di samping perokok, gak kuat sama asapnya.. ingin sekali ambil tuh rokok dan buang jauh2!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul..memang aspnya bikin batuk dan sesek dada..

      Hapus
  23. Baca artikel ini membuat saya takut, saya perokok pengen berhenti tapi sulit karena teman main saya seorang perokok semua, terima kasih penjelasan lengkapnya mba, happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang susah berhenti kalau udah kecanduan...harus dari niat diri kog...semoga bisa

      Hapus
  24. dulu saya perokok, sekarang udah ngga.. kalo dipikir sayang juga buang duit buat beli rokok.. mending buat beli gadget #ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bersyukur sekali bisa berhenti merokok....selamat

      Hapus
  25. wew, saya perokok lho mba, saya juga tahu akan ancaman bahaya rokok, tapi gmn ya, masih suka sih, hihihiy #nyeley ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee.....semoga bisa mengurangi merokoknya...
      jaga kesehatan.

      Hapus
  26. saya bukan perokok lho mbak...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....ya iyalah, kan cewek masak mau ngrokok...

      mksh kunjungannya

      Hapus
  27. Alhamdulillah mbak saya anak muda yg bebas dri Rokok,Narkoba, Miras, Serta Seks bebas ...

    Tapi mbak klo indonesia tdk menjual rokok bsa" indonesia bangkrut heheeh ,,,,

    Happt Blogging, Komentar balik

    BalasHapus
  28. salam kenal mba,,ijin nyimak disini ya..saya termasuk perokok berat,thanks info nya...

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno