Home » » Sakit Saat Menstruasi

Sakit Saat Menstruasi

Masalah Menstruasi

Pada umumnya setiap wanita dewasa akan mengalami menstruasi, dia akan mengalami perasaaan yang  tidak nyaman  seperti :
  • sakit perut,
  • pegal-pegal  dan payudara mengeras. 
hal itu masih wajar karena semua itu disebabkan hormonal yang  terjadi.
Rasa  sakit  yang tidak wajar  biasanya disebabkan  endometriosis  (tumbuhnya  jaringan endotrium  selain pada dinding  rahim, biasanya pada saluran telur  dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa).
Cara  mengurangi rasa sakit waktu menstruasi adalah  :
  1. Dengan  meminum obat, biasanya obat yang diminum  tidak efektif untuk mengatasi rasa sakit  yang disebabkan karena   faktor hormonal.   
  2. Senam tubuh yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit.
Menstruasi juga bisa menimbulkan gangguan emosi, misalnya  : 
  • Perasaan nggak enak
  • Pengen Marah
  • Pengen makan terus
  • pengen disayang dan diperhatikan
  • Sensitif
  • Pusing
  • Malas
Gejala itu semua  disebut  dengan Sindrom Pra  Menstruasi, karena biasanya muncul  menjelas menstruasi  dan bukan suatub kelainan.  Sebab adalah  ketidakstabilan hormon setelah   ovulasi, yang kemudian mempengaruhi sistem syaraf  yang mengatur emosi.

Bagi yang mengalami gejala-gejala seperti diatas tidak usah khawatir karena itu suatu hal yang wajar dalam menstruasi.

semoga bermanfaat....selam manis.                                                                                                                                                                                                                                                       




45 komentar:

  1. tidak bisa komentar banyak nih, karena aku laki - laki.

    BalasHapus
  2. Menstruasi dapat menimbulkan emosi...pantesan mantan aku dulu , sering marah2 nggak jelas, mngkn ini pnyebabnya...he he he
    tpi sebenarnya bagi wanita hal yg dialaminya ini adalah karunia yang maha kuasa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee...berarti nanti kalau ceweknya marah-marah di diemi aja ya...kan udah tahu penyebabnya.

      Hapus
  3. Kok aku ga pernah merasa ya.. hehehe...^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....operasi kelamin dulu biar bisa merasakan....xixii

      Hapus
  4. iya haha kalo lagi haid pengen marah marah aja hahha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hal yang wajar, asal jangan marah-marah terus ya....hehheee

      Hapus
  5. terima kasih Mbak, buat masukan saya yang punya anak perempuan menjelang remaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuup..., kali aja bermanfaat....nanti bisa disalurkan ilmunya.

      Hapus
  6. biasanya memang gitu... dijalani aja deh say, selama masih bisa ngatasi anggap aja itu anugerah.. tapi jika sakit banget ya harus ke dokter

    BalasHapus
  7. bener..bila sakit berlanjut harus ke dokter...

    BalasHapus
  8. waahh gk bisa berceloteh banyak nih... soalnya gk begitu paham... ^_^

    trimksh mbak uda mmpir di blog sy... blognya jg uda di follback.... salam kenal ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...mksh udah mau follow balik...salam kenal juga.

      Hapus
    2. hdir kembali nih mbak...
      dipagi yang cerah gimana kabarnya??? :)

      Hapus
    3. allhamdulillah baik....mksh mau kunjung ke sini.

      Hapus
  9. tapi kasian yang sakitnya sampe sakit banget bahkan pingsan, pasti ada yang salah tuh dalam organ reproduksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, perlu diperiksakan ke dokter biar tidak berkelanjutan sakitnya...

      Hapus
  10. ya ampun jadi ini masalahnya,
    dulu waktu sekolah ada guru yang suka marah2
    ndak angin endak ada hujan juga ojek hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee.........guru marah-marah karena kamu gak ngerjain PR kog..

      Hapus
  11. oooooh, sakit ya. :D. untung gue laki2

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheee....ya beruntung dech gak ngrasain

      Hapus
  12. informasi yang menarik,,meski saya laki2 tapi sungguh bermanfaat mungkin nanti buat istri saya..:)

    klik EPICENTRUM
    ya makaasih..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuup...siapa tahu juga berguna...

      meluncur kunjungan balik...

      Hapus
  13. wah saya belum pernah merasakanya karena saya cowo, tapi mungkin saya perlu tau hal ini karena suatu saat saya akan punya istri jadinya perlu untuk tau agar dia ga marah marah tanpa sebab. maksih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...nanti kalau punya istri marah2x tanpa sebab perlu diingetkan mesti udah tanggalnya...

      Hapus
  14. jd setiap wwanita pasti mengalami indrom Pra Menstruasi dan ini adalah normal ya mbk..???, salam kenal, salam ukhwah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau sakitnya gak parah berarti normal..
      bila sakitnya berkelanjutan perlu dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut..

      kenal kembali...salam persahabatan

      Hapus
  15. pacar saya kalau lagi mau dapet pasti saya jadi bulan bulanan dia, haduduh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee...itu suatu pengorbanan cinta.

      mksh kunjungannya

      Hapus
  16. memang selalu naik angin bila sampai masanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nanti kalau tiba masanya bisa di rem dong biar gak marah2x..

      Hapus
  17. Kalo saya biasanya taroh botol air hangat di perut mbak, alhamdulillaah, lumayan berkurang sakitnya :D

    btw, blognya okeeeh. Suka blink2nya waktu arahin kursor ke judul hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga resep yang bagus, dulu saya juga begitu..

      mksh kunjungannya..

      Hapus
  18. jadi wanita memang sangat berat

    izin follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kodratnya....silahkan follow.

      Hapus
  19. hmm....artikel bagus nih
    supaya aku tau perlakuan seperti apa untuk istriku nanti saat ia menstruasi
    intinya, wanita itu hebaatt setiap bulan menghadapi siklus yang eww

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip....entar ilmunya bisa buat calon istri...

      Hapus
  20. uwooo ikut memahami saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh udah mau mampir...silahkan dipahami lalu sebarkan ke temen

      Hapus
  21. tips mengurangi PMS pra menstruasi sindrum,konsumsi coklat,bisa di buat coklat hangat,atau di kudap,bisa juga banyak minum susu kedelai,perbanyak jg makan makanan yang mengandung zat besi,spt saur2an hijau bayam dll,kuangi mengunsumsi daging yang bisa memicu tensi darah krn bisa memyebabkan marah marah .selamat mencoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh bu infonya...
      tp tetep aja sakit bu sampek mecoba apa2x..hehheee

      Hapus
    2. kalau sakit gak bisa di hilangkan bu,tapi mencegah marah marahnya bisa di kuranggi dengan coklat,susu kedelai dn sayuran hijau :)

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno