Home » » Menghindari Kejadian Keputihan

Menghindari Kejadian Keputihan


Setiap wanita pasti akan mengalami adanya keputihan, untuk itu saya akan memberikan sedikit cara menghindari keputihan. Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu apa  yang dimaksud dengan keputihan. Yang dimaksud  Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina yang tidak berupa darah yang menyebabkan keluhan subyektif pada penderita dan kadang disertai rasa gatal dan nyeri. Penyebab terjadinya keputihan bermacam-macam, dapat disebabkan oleh adanya infeksi (oleh bakteri, jamur, parasit, virus), adanya benda asing dalam liang senggama, kelainan alat kelamin bawaan atau didapat, adanya kanker atau keganasan pada alat kelamin, terutama di leher rahim. Selain itu, keputihan juga disebabkan karena perilaku atau pola kebiasaan seseorang yang tidak memperhatikan perawatan kebersihan pada alat ginetalia antara lain: pemakaian celana panjang ketat, penggunaan obat-obat tertentu dalam waktu lama misalnya mengkonsumsi antibiotik, dan pil kontrasepsi, pemakaian sabun yang mengandung kimia berlebihan, karena larutan sabun antiseptik yang digunakan untuk membilas vagina jika berlebihan mengakibatkan matinya mikroorganisme normal dan tumbuh mikro organisme abnormal yang menimbulkan terjadinya infeksi pada vagina. 
Ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya keputihan antara lain :
1. Menggunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat dan menghindari penggunaan celana dalam yang ketat untuk menghindari peningkatan kelembaban tubuh.
2.    Mengganti celana dalam secara rutin terutama jika berkeringat.
3.    Hindari mandi rendam.
4.  Mencuci vulva sesering mungkin dengan air murni, sehat dan dingin, dengan cara mengguyur seperti pancuran.
5.   Jika habis buang air, membasuh bagian depan ke arah belakang dan segera mengeringkan dengan handuk atau tisu.
6.    Menghindari kebiasaan memakai pembalut wanita di luar masa haid.
7.  Mengurangi mengkonsumsi gula dan makan yang terbuat dari karbohidrat buatan, seperti mie, roti, biscuit, dan sebagainya.
8.  Mengurangi penggunaan pembersih vagina karena penggunaan yang terlalu sering akan membunuh mikroorganisme normal yang ada di dalam vagina.
9.  Hindari penambahan antiseptik, desinfektan, minyak, dan busa mandi dengan pengharum yang kuat.
10.  Bagi yang telah menikah disarankan berhubungan seks yang aman dengan satu pasangan dan memeriksakan ke dokter minimal 3 bulan sekali untuk menghindari terjadinya penyakit menular seksual.
11. Menjaga berat badan dalam batas normal karena obesitas dapat menimbulkan infeksi karena paha tertutup rapat dan kurang sirkulasi udara dan menyebabkan daerah vagina menjadi lembab.
12. Mencuci pakaian dalam yang terkena keputihan dengan air mendidih atau menggosok celana dengan strika yang sangat panas.

Nah,  itu tadi sedikit  tip cara menghindari Keputihan semoga bermanfaat bagi semua wanita.
salam manis...

28 komentar:

  1. aku cowok mba jadi kaga perlu menghindari keputihan wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee.......ilmunya bisa dikasih ke ceweknya atau istrinya

      Hapus
  2. bukan cuma cewe yang harus menghindari CD ketat tapi katanya cowo jg, terus katanya pake panty liners juga ga bagus krn di situ ada bahan kimianya, daripada pake pembersih botolan mendingan daun sirih di rebus lalu airnya di gunakan sebagai pembersih. bagi yg tlh menikah disarankan bhubungan seks dgn 1 pasangan >> selain menghindari keputihan, jg penyakit lain dan yg terpenting dosa!! selebihnya idem :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena semua bahan yang mengandung kimia sangat berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit, berhubungan seks dengan 1 pasangan bisa menghindari penyakit...

      Hapus
  3. Postingan yang informatif mbak ,walau aku cowok nggak ada salahnya buat tw yg beginian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena ilmu tidak mengenal jenis kelamin...
      entar ilmunya bisa ditularkan ke temen cewek.

      Hapus
  4. perlu ni untuk share sama pacar ane,, hehehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...tolong dishare biar ilmunya berguna

      Hapus
  5. menjaga kebersihan kebersihan diri.
    terima kasih mbak untuk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata sehat itu gak mahal ya mbak ....kalau kita mau ....al hasil kebersihan sebagian dari iman...nyambung gak yaaa?????ah...nyambung aja deeh....bahagia itu indah...

      Hapus
    2. biar terhindar dari penyakit ...

      Hapus
    3. dengan kebersihan akan menjauhkan segala penyakit....*nyambung juga gak ya....mksh kunjungannya

      Hapus
  6. thanks mbak sharing infonya :)

    BalasHapus
  7. Wah tips untuk perempuan ya... Bagus nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee.....laki-laki juga boleh kog tp cuma tuk di salurkan ilmunya..

      Hapus
  8. trims mbak sharingnya.. :)

    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya..
      salam kenal kembali

      Hapus
  9. wah, no coment dah kalo masalah beginian. gue kan cowok.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee...kan gpp to, ilmunya bisa disalurkan ke ceweknya..

      Hapus
  10. yang nomor 11 itu susah say.... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya berusaha untuk menguruskan badan dengan senam aerobik..

      Hapus
  11. Kunjungan pagi silaturahmi ke blog sahabat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungannya....selamat malam

      Hapus
  12. Bermanfaat tulisannya Mbak :)

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjunganya...semoga bermanfaat buat semuanya.

      salam kenal kembali

      Hapus
  13. Artikel yang bagusss. Saya ada obat keputihan kalo tertarik bisa mengunjungi website kami di http://www.crystalkeharmonisan.com . Terima Kasih !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih atas sarannya...
      siap berkunjung balik

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno