Home » » Tata Cara Menelepon

Tata Cara Menelepon

Telepon

Telepon adalah sebagai alat komunikasi maka banyak sekali penggunanya karena dianggap praktis dan mudah  dalam berkomunikasi dibandingkan dengan berkirim surat. Tapi dengan kemajuan teknologi sekarang ini telepon sangat tergeser dengan yang namanya HP (Hand Phone). Karena kegunaan HP yang begitu simple  dan banyak sekali manfaatnya, selain bisa  untuk menelepon juga bisa  SMS ( Short Message service). Tapi disini saya tidak akan membahasa mengenai alat telepon maupun HP tersebut, mari kita pelajari tentang tata cara berkomunikasi dengan alat tersebut. Kita mungkin sudah terbiasa dalam menggunakan telepon maupun HP  , namun apakah kita telah mematuhi tata krama dalam menelephone ?

Hand Phone


Jika cara kita menelepon  dan menerima  telepon tidak mengikuti tata krama maka kepribadian dan nama baik  diri kita  akan dinilai orang lain. Karena pada hakikatnya menelepon itu sama saja bertamu kerumah orang dan menerima telepon sama dengan menerima tamu kerumah kita. Maka kalau kita perlakukan dengan baik dan sopan itu juga akan mencerminkan diri kita. 
Tata krama menelepon yang baik adalah :
  1. Ucapkan dengan sopan atau dengan menggunakan kata "Hallo"   atau " siapa yang berbicara disitu " .
  2. Berbicaralah dengan tenang, jelas  dan langsung ke sasaran.
  3. hendaknya jangan bersuara yang keras.
  4. kalau batuk / bersin jauhkan dari gagang telepon/HP 
  5. Ketika sedang berbicara  hendaknya  perhatian yang penuh jangan bicara dengan orang lain.
  6. Ucapkan terima kasih bila mau menutup telepon 
  7. Taruh gagang telepon dengan pelan dan jangan kasar.
Bila kita mau menelephone hendaknya  memperhatikan waktu, kecuali dalam keadaan sangat penting. Terkadang  kita juga tidak mau terganggu kalau lagi beristirahat.

Mari kita budayakan berkomunikasi dengan baik dan sopan sesuai adat ketimuran. Semoga postingan ini bermanfaat bagi sobat semua.

Salam Manis.

68 komentar:

  1. saya pernah dengar tapi lupa sama siapa..,,katanya kalo saat menerima telpon jangan make kata "Hallo"... gk tau deh kenapa??
    tapi selama ini saya tetap make kata itu... ckckckckck

    -pertamax- heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dp hadiah nich yang pertamax...
      iya juga masih pakai kog...kayaknya yg paling enak kata itu...heheee

      Hapus
    2. asik dapat hadiah... hehehehe

      sepakat mbak... tapi mbak sendiri pernah dgnr gk sih sperti yang saya bilang diatas???

      Hapus
  2. iya, kadang saya suka lalai, nyambi bicara juga dengan orang lain. itu pasti menyinggung perasaan ya Mbak. OK, makasih masukan kerennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, makanya kita harus selalu menghormati yg menelepon biar tdk salah paham.

      Hapus
    2. ternyata tidak hanya bahasa tulisan yang bisa bikin salah paham ya Mbak..

      Hapus
  3. nyimak aja sob. nice post. ditunggu kunjungan baliknya. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungnanya...siaaap meluncur..

      Hapus
  4. forumnya jadi agak beda lagi sih kalo bicara ditelepon tuh. kadang kalo bicara ditelepon jadi buat kita nggak fokus. sering itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kadang jadi resmi dan lebih bebas drpd ngomong berhadapan.

      Hapus
  5. tambahin ah ...

    Jangan sambil makan, mandi, ngepel, nyikat gigi, nyuci dan apalagi berkendara, kata mamah itu berbahaya :D wew :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi sambil tidur.. cekcekcek

      Hapus
    2. sstttttttt...yg jelas jangan didiamkan aja..heheee

      Hapus
  6. aku pernah tuh sambil nelpon sambil ngomong sama orang di dekatku eehh telponku di matiin hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya teranglah, itu kagak menghormati yg menelephone..hehee

      Hapus
  7. hihi gw malah kalau ada yang nelpon suka nungguin suaranya dulu baru bunyi. apalagi kalau nomer nggak dikenal <---cara yang nggak sopan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe..itu untuk mengantisipasi dari kejahilan orang ya.

      Hapus
  8. Hallo...dari siapa ini adakah yg bisa kami bantu...? Itu gaya gue mbak kalau lagi menerima telpon baik dari teman maupun nomer baru yg ta di kenal.. Itu menurut mbak gimana ya sopan atau nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong ama gue, saya juga selalu ngomng begitu...anggap aja itu yg terbaik drpd kita tdk menjawab.

      Hapus
  9. 1 lagi mbak, jangan telponan sambil di jalanan ._.

    merbahaya untuk keselamatan pengguna jalan hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali,.saat menerima telpon di jln mingir dulu ke tepi agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain,..:)

      Hapus
    2. @ diniest : betul, sangat berbahaya sekali
      @ rosita ; bener banget tuch..biar tidak membahayakan keselamatan kita

      Hapus
  10. Kalo menrima dn mnutp pake salam tpat g??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus banget tuch..tepat sekali.

      Hapus
  11. aku pernah tuh mbak lagi belajar di telpon.. tapi gimana gak enak sama orang tu,jadi saya ladenin pakai headset .. haha :D habis tu ntah dia curhat gitu di telpon,saya malah fokus ke belajar nya dia marah hahha langsung teriak di telpon nya gitu kaget saya wkwkwkk :D sip mbak info nya nice entry,mari bertelpon dengan adat ketimuran yang baik dan benar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaaa...akhirnya gak jd belajar ya, berbicara yg sopan itu ciri khas adat ketimuran, untuk hp bila tidak mamu mengankat bisa memberikan alasan lewat sms, karena menelephon itu sama dengan bertamu jd perlakukan dengan baik.

      Hapus
  12. klo yg muslim hr mendahului dgn salam.... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, jng lupa mengucapkan salam....mksh tambahannya

      Hapus
  13. setuju beangetttt :)
    I like it

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungannya....salam kenal

      Hapus
  14. bener juga mbak apa lagi kalau yang nelpon orang2 yang iseng atau yang menjahili diwaktu istirahat malam hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang malam hari kalau dpt telp yg tidak tahu namanya jadi takut juga..

      Hapus
  15. Ucapkan assalamualaikum saat menerima telepon..

    BalasHapus
  16. Asyik..
    tapi kalu yg ditelpun lagi makan gmn tuh?
    di angkat nggak enaknya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau makan gak usah, nanti tidak sopan ..mosok lagi ngunyah sambil ngomong...hehhe

      Hapus
  17. Masukan yang bagus mbak. Madjongke sering telfon tanpa memperhatikan semua itu. hehehe. Tapi kalau sama teman saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kadang kalau sama temen karab sak enaknya ya...ehhee

      Hapus
    2. Bukan hanya kadang mbak. Tapi kalau telfon sama teman pasti langsung nerocos gitu. hehe

      Hapus
  18. Kalau saya mah nerima telepon jarang banget pke haloo, apalagi dari tmen deket, paling2 langsung nerocos, misal namanya Beni, langsung mencuap deh "Kenapa Ben?" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe...malah lebih akrab ya..
      tp bila blm tahu namanya gimana?

      Hapus
  19. Balasan
    1. wah rajin banget..sangat senang sekali, semoga dpt berkah

      Hapus
  20. Tunggu yang diseberang bicara dulu, baru ngomong juga. hahah
    :D
    nice sharing mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee....biar tahu suaranya ya...
      mksh kunjungannya, salam kenal..

      Hapus
  21. kalau saya santai banget,kalau bicara ditelp soalnya udah kebiasaan mba jadi kalau ditel biasanya bukan ngomong " Hallo,tp ada apa "hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...orang punya kebiasaan sendiri, yg penting bisa komunikasi dengan baik.

      Hapus
  22. kalau aku sih santai aja mbak...palingan langsung aja ngerocos apalagi teman sendiri.....tapi makasih mbak atas masukaNnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja, saya jua sering begitu kalau sudah tahu suaranya...hehheee

      Hapus
  23. dengan mengetahui tata cara menelepon maka pertemanan, persaudaraan akan terjaga dengan baik, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. betu, karena tahu nama yg benar dan salah dalam bertelepon
      mksh kunjungannya, salam kenal

      Hapus
  24. yang lucu kalo ada yang telpon ke seseorang, terus begitu diujung sana menyahut, si penelepon pertama langsung nanya "ini siapa?"
    lah...situ sapa nelpon2 kemari?hehe..

    BalasHapus
  25. Udah lama bolak balik kesini tapi belum kenalan.. blognya dah di follow#48 follbek ya,, http://dinsphotography.blogspot.com/2012/06/al-fattah-maha-pembuka.html

    biar tambah erat persahabatannya.. mengenai artikel ini sangat setuju mba.. memang tata cara nelpon harus diperhatikan.. kadang walau hanya berbicara di tlp tapi kenyamanan itu harus di utamakan,, kesimpulannya kita harus sopan dimanapun, dlm keadaan apapun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena kesopanan akan kelihatan ketika berinteraksi sama orang lain. biasakan sopan kepada orang lain karena itu akan mencerminkan diri kita.

      mksh kunjungannya...

      Hapus
  26. Jangan telephon malam - malam, dan jangan telephon hanya karena ingin menagih hutang. Dan jangan hanya miscall karena ingin ditelehpne balik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan satu lagi bila di telepone harus diangkat siapa tahu penting.

      Hapus
  27. yang lebih lucu, kalo si penelepon pas yang ditelpon menyahut trus penelepon langsung nanya "ini siapa?"..lah, situ sapa yg nelpon kesini?

    BalasHapus
  28. Infonya mantab mba dan bermanfaa, bru bnya tata caranya .... berarti dri dlu slah donk.... Komentar blik yah mbak

    BalasHapus
  29. terima kasih infonya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. sama-sama....mksh komennya

      Hapus
  30. setuju, walaupun berbicara lewat telepon kita harus tetap berbicara dengan sopan. ^_^

    BalasHapus
  31. terima kasih mbak Iis sudah membimbing anak-anak Indonesia dalam hal ''Bagaimana tata cara menelpon dan ditelpon yang baik dan benar'', sangat bermanfaat sekali, hehehe

    BalasHapus
  32. sekarang sangat jarang orang memakai tatakrama dalam menelpn... jika span terkadang pengen sesuatuu,..

    BalasHapus
  33. tambahan jangan menelpon sambil nyetir,diatur dalam uu satlantas

    BalasHapus
  34. Saya biasanya SMS nya lagi dijalan bawa motor itu lo mba..
    tapi banyak liat-liat d-internet kata nya iitu bahaya..
    jadi sekarang gak lagi deh ah!

    BalasHapus
  35. sungguh bermanfaat sekali artikelnya dan menamabah wawasan saya

    BalasHapus
  36. yang penting jaga kesopanan berbicara ya :)

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno