Home » » Dages Cilacap

Dages Cilacap

Dages
Setiap liburan ke Cilacap selalu kangen dengan dages ama mendoannya, sebelum sampai ke sana pasti udah pesen dulu tuk disiapkan dagesnnya. Dages ini terbuat dari ampas tahu yang di fermentasi hampir sama dengan tempe gembus. Cuma dages ini warnanya agak hitam sedang gembus putih. Cara masaknyapun sangat mudah, karena hampir sama dengan bikin mendoan. Biar adonan agak renyah sebaiknya gandum dicampur dengan tepung beras, hasilnya awet renyah. 

Bumbu yang dipakai : bawang putih, ketumbar, garam dtambah dengan kunyit sedikit, semua bumbu dihaluskan dan dicampurkan ke adonan tepung.
bahan adonan : tepung beras dan gandum ditambah dengan daun bawang (loncang) biar tambah enak.

Adonan dan dages siap di goreng
Setelah adonan sudah dicampur dengan bumbu, dages dimasukkan dalam adonan tersebut. Kita panaskan minyak dan dages siap digoreng. Masukan dages yang sudah dilumuri tepung satu persatu sesuai muatan penggorengan. 

Dages siap disantap
Dages yang sudah siap di santap, enaknya dimakan pas anget-anget ditambah dengan cabe pasti rasanya yumiii banget. Bila temen semua pada penasaran silahkan ke cilacap berburu dages...hehheee

Salam manis

28 komentar:

  1. Saya malah baru tahu makanan ini buk. Dari namanya sangat unik yakni Dages. Kira-kira rasanya gimana ya? Jadi penasaran dech ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee ....rasanya kayak tempe gembus

      Hapus
    2. makanan tradisional yang murah meriah.

      Hapus
  2. Saya juga sering makan mbak, soalnya saya pernah tinggal di daerah jawa, lama hampir 7 tahun. hampir mirip-mirip sama oncom.

    BalasHapus
  3. kira rasanya gurih apa gimana mbak is.. saya baru denger ada makanan dages, liat bentuknya juga baru yang ada di foto itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya kayak tempe masa..hehhee

      Hapus
  4. Heloh, dari ampas tahu?? baru tahu denger nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru denger ya...enak lo, silahkan coba

      Hapus
  5. Alhamdulillah .....bertambah lagi pengetahuan saya tag kuliner nusantara.....
    Makasih ya, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. masakan nusantara banyak beraneka ragam ya mba..

      Hapus
  6. rasanya kayak tempe gembus juga ya Mbak? kalau iya, berarti secara tak langsung saya sudah merasakan enaknya Dages Cilacap...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali jeng...pernah makan ya

      Hapus
  7. mbak, boleh nggak link artikel blogku dimuat di footer blog ini ya ??

    syaratnya apa ?,
    mohon dibalas di buku tamu blog ku ya :)

    BalasHapus
  8. mbak, boleh nggak link artikel blogku dimuat di footer blog ini ya ??

    syaratnya apa ?,
    mohon dibalas di buku tamu blog ku ya :)

    http://ajibondhankottama.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja, entar aku masukan, tapi sabar ya

      Hapus
  9. wah kayanya gurih banget tuh.

    BalasHapus
  10. dages sih makanan apa..?
    cilacap sih daerah mana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bener ga tau apa pura-pura Pak Raw?

      Hapus
    2. dages itu semacam tempe gembus kalau di jogja kang,

      Hapus
  11. komentnya nati aja ya mbak... saya mau pulang kampung dulu heheeh

    BalasHapus
  12. Nek miturut inyong ki, Dages = oncom versi ngapakers

    BalasHapus
  13. Jadi lapar nih saya mbak :)
    Tanggung jawab dong :)
    Jika ada waktu silahkan berkunjung 'kerumah' saya :)

    BalasHapus
  14. dages...uenak lah..mesti coba kl ke cilacap

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno