Home » » Apakah Sabar itu ?

Apakah Sabar itu ?

Gambar dari google
Kata sabar sering kita dengar, walaupun kita tidak tahu bahwa apa arti kata sabar yang sebenarnya. Karena kata sabar mesti berhubungan dengan cobaan. Setiap  kita kena cobaan, di ejek temen dan di hinapun harus selalu sabar. Dalam pikirku arti sabar sendri itu apa sich ? akhirnya aku buka buku dan mbah google untuk cari tahu apa arti sabar itu ? 

Dalam buku Agama Al Islam sendiri mengartikan sabar itu adalah menahan atau mencegah, maksdunya menahan jiwa mencongkol, menahan lisan dari berkeluh kesah dan marah serta menahan badan agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang diharamkan. Dalam Islam sendiripun juga mengajarkan hendaknya kita selalu bersabar karena Alloh bersama orang -orang yang sabar. 

Tulisan mengambil dari google

Adapun ciri-ciri orang yang sabar adalah tidak lekas marah, tidak lekas putus asa dan tidak lekas patah hati. Sedangkan lawan dari sikap sabar adalah tergesa-gesa atau isti'jal. tergesa-gesa adalah perbuatan setan. Karena orang yang tergesa-gesa biasanya merasa tidak nyaman akibat kurang disiplin dan perencanaan.

Sabar sendiri banyak sekali macamnya, diantaranya adalah :

  1. Sabar Ketika mendapatkan cobaan
  2. Sabar dalam ketaatan
  3. Sabar untuk tidak maksiat
Sabar mempunyai keutamaan yang luar biasa, salah satunya adalah di cintai oleh Alloh SWT. Selain dcintai Alloh SWT juga akan mendapatkan pahala surga di akhirat kelak, di sukai orang lain, terhindar dari perbuatan maksiat, dan dbantu orang lain. Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus berlatih sabar biar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga kita semua termasuk golongan orang yang di cintai Alloh SWT karena sabar....aamiin.



Salam Manis






56 komentar:

  1. bismillah, semoga kita semua termasuk dalam golongan ahli sabar, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, berusaha sabar walau semua itu terasa pahit ya.

      Hapus
    2. susah mbak, pasti ada nggrundelnya dulu, hehehe

      Hapus
  2. Arti sabar sebenarnya sangat luas sekali, dan juga banyak macamnya...
    Seperti contoh misalnya, orang yg sabar dalam menabung, sedikit demi sedikit belum tentu juga bisa sabar dalam mendidik keluarganya,
    Semoga kita semua bisa termasuk dalam golongan ahli sabar dalam segala hal, Aamiin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiin, semoga bisa menjadi golongan orang yg sabar

      Hapus
  3. Sikap sabar memang harus dibiasakan ya mbak ketika kita mendapatkan cobaan, tidak maksia, dan ketaatan. Orang sabar disayang Allah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya orang sabar ki subur, tapi kenapa susah ya untuk terus bersabar

      Hapus
    2. mungkin karena sikap sabar itu ada batasnya mbak. jadi sulit untuk di terapkan hehe :)

      Hapus
  4. sabar itu artine angel...
    suer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sueerr..makane aku ki bingung njur goleki sabar...

      aku sendiri juga msh labil kesabaran...kwkkwwww

      Hapus
    2. tapi mas Rawin, Agus, mbak Iis itu keliatan wajah orang-orang penyabar ya

      Hapus
    3. hehheee...penyabar alau pas kantong tebel ya....kwkwkww

      Hapus
    4. sabar gausah dicari, bu...
      kamaren pamitan katanya mau ke malesia nyusul lik reo...

      Hapus
  5. pasdti deh dalam ayat Al Qur'an ada temannya, jadikan sabar dan sholat.
    tapi uangel mbak sabar itu, semoga saja termasuk golongan orang sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, ya kita kan hanya manusia biasa pak pasti tak jauh dari khilaf, makanya berusaha sabar aja udah bagus kog..hehee

      Hapus
    2. kecuali pas sabar yang selalu sabar ya mas hehe

      Hapus
    3. hehheee...[ak sabarnya baru ke pasar

      Hapus
    4. kalau di jember sana ada bakso pak sabar

      Hapus
    5. bsk aku ditraktir ya pak

      Hapus
    6. tempat saya kerja juga ada kang sabar... welder..

      Hapus
    7. ganteng ora mang..heheee

      Hapus
  6. sabar itu tidak ada batasnya ya mbak, hanya kemampuan manusia untuk bersabar itu yang terbatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kebatasan manusai saja yg tdk mampu untuk bersabar

      Hapus
  7. terima kasih atas wejangan dan bimbingannya.,. saya termasuk orang yang sedang berlatih menguji kesabaran dalam hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2x pak, sayamalah lg mau belajar...semoga berhasil semuanya.

      Hapus
  8. Sesungguhnya Allah selalu beserta orang orang yang sabar ya mbak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dan semoga kita bisa menjadi orang yg sabar

      Hapus
  9. Aku pun sedang bersabar... sabar ini, sabar itu... Insya Allah dengan kesabaran yang benar. Suka tulisannya (^_^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. berusaha sabar dan terus berusaha aja...

      Hapus
  10. Sabar itu nggak ada batasnya.. :) makasih ya buat artikelnya. bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. seluas samudra...mksh sdh mau mampir

      Hapus
  11. sabar yo mangan ati yo mba....hehe

    BalasHapus
  12. belajar bersabar dalam segala hal,,,
    karena sabar itu indah,,,,
    sabar itu nikmat yang tertunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, tapi kalau udah sabar jangan terus putus asa ya...

      Hapus
  13. saya termasuk orang yang kurang bisa bersabar mbak.. gampang marah dan cepet emosi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah harus ditahan tuch, cari guru sabar aja...xixii

      Hapus
  14. Setiap orang sedikit ataupun banyak pastinya memiliki batas kesabaran.. Dan semoga kita semuah termasuk dari orang-orang yg mempunyai banyak kesabaran ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita termasuk orang yg dicintai alloh ..aamiin

      Hapus
  15. sabar itu subur. hahah

    selamat pagi sob :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. subur itu gendut..hehheee
      pagi juga

      Hapus
  16. Balasan
    1. hehhee...kadang kita mudah terpancing emosi

      Hapus
  17. mudah - mudahan saya termasuk orang sabar..

    BalasHapus
  18. Allah bersama org2 yg sabar *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, mari berusaha sabar biar selalu bersama alloh swt.

      Hapus
  19. memang banyak manfaat dari bersabar,
    sabar bisa meningatkan karakter kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik sabar dan diam drpd ngomong salah

      Hapus
  20. amin..tidak rugi kalau kita cuba bersabar..tq perkongsian yang bermanfat ni Mbk Iist..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena menahan hawa nafsu marah itu akan lebih baik

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno