Home » » Peringatan Nuzulul Qur'an

Peringatan Nuzulul Qur'an

Spanduk
Peringatan Nuzulul Qur'an di mushola deket saya tinggal diadakan pada hari senin , 29 Juli 2013 dimulai pukul 21.00. Persiapanpun dimulai sudah dari jauh hari sebelumnya terutama untuk para pengisi peringatan tersebut,. mulai dari pembaca ayat-ayat al qur'an, saritilawah, pemain rebbana dan lain sebagainya. Pembuatan panggung dikerjakan oleh warga setempat dan para ibu-ibu yang menyiapkan snacknya. 

Nisa membawa al Qur'an dan gita membaca artinya
Acarapun segera dimulai karena sudah malam, dimulai dengan pembacaan ayat suci al qur'an. kebetulan nisa yang membaca al qur'an dan temennya yang membaca artinya. Rasa deg-deganpun menghinggapi diriku karena takut akan nanti bacanya tidak lancar. Maklum aja karena banyanya jamaah yang hadir jadi takut Nisanya grogi. Ayat demi ayatpun dibacanya  dan sayapun mendengarkan dengan penuh was-was.  Allhamdulillah akhirnya semua berjalan lancar.

Membacakan Artinya
Giliran temennya yang membacakan arti dari surat yang dibacapun ikut deg degan juga, maklum masih anak-anak takut akan salah baca. Sekali lagi allhamdulillah semua lancar sampai selesai semua. 

Sebagian Jamaah yang hadir
Jamaah yang hadir di acara pengajian tersebut berasal dari berbagai desa, terutama kampung yang terdekat. Kebanyakan yang hadir para ibu-ibu dan bapak-bapak. 

Sebagain bapak-bapak yang hadir
Sebelum acara selesai Nisa sudah pulang duluan karena sudah mengantuk, biasa anak-anak gak tahan kalau melek terlalu malam. Sampai rumahpun langsung ngajak tidur. Peringatan nuzulul qur'an pun berjalan lancar dan sukses. 

salam manis



100 komentar:

  1. belum berubah juga ya kebiasaan lama
    senengnya bikin acara sampai larut malam
    emang dosa ya kalo dibikin lebih awal biar anak-anak dan yang punya anak jadi terganggu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya lebih malam lebih asik

      Hapus
    2. katanya pendidikan agama itu harus ditanamkan sejak dini. kalo terus terusan pake cara lama, gimana bisa sesuai dengan slogan di atas.

      wayang saja yang cuma tontonan sekarang bisa menyesuaikan diri, jam tayangnya ga sampe subuh lagi. banyak yang cuma jam 8 sampai jam 10 apa 12.

      masa untuk yang statusnya tuntunan ga mau..?

      Hapus
    3. sebenarnya mulainya mau jam 8 tp berhubung tarawihnya belum selesai jadi mundur jam mulainya pengajian. memang sudah diperhitungkan kalau mulainya malam pasti anak-anak udah pada ngantuk.

      Hapus
    4. kalau acaranya setelah Ashar lebih siip kayaknya langsung buka bersama.. terus dilanjut lagi jam 8 heheh

      Hapus
    5. Panitiane urung pada kober kayane mas Rawins nek labuhe gasik2

      Hapus
    6. betul, panitianya masih ada yg kerja atau masih disawah...maklum di desa banyak yang bertani..hehe

      Hapus
    7. tempat kami malah nggak ada peringatan nuzulul quran itu je Mbak iis, adanya kemarin bertepatan dengan khataman qur'an yang dibaca sehari-hari selama bulan ramadhan itu saja.

      Hapus
    8. sama di tempat saya juga tidak ada, atau saya yang mengada ada ya, lah saya pulangnya kan malam terus, jadi mana tahu, hehehe

      Hapus
    9. Mbak Iis, jenengan daleme sebelah mana to? sama SLTP 2 kasihan itu mananya?

      Hapus
    10. mbak khusna tau masjid kan, nah itu masjid kan menghadap ke timur tho...setelah sekolahan itu belok kiri dan kanan saja lho jangan belok ke atas atau ke bawah, ihihihi

      Hapus
    11. hahhaaa..pak agus sok teu wae, jng manut pak agus mbak, deket sekali mbak dengan smp 2, pokoknya besuk kapan2x kalau mudik kasih tahu dech tak maen minta oleh2x...kwkkwwwwwww

      Hapus
    12. sebagian masjid di kampungku sudah mulai berubah kok. acara dimajukan dan dipadatkan. yang tak terlalu penting tapi memakan waktu dikurangi.

      budaya orang kampung memang repot. sebelum pengajian suka banyak sambutan. repotnya sambutannya suka panjang lebar mengalahkan yang kasih pengajian intinya. dari awal mereka sudah dikasih tahu, sambutannya 5 menit saja, pak...

      tapi masih ada sih satu dua yang belum siap dirubah dan masih saja bikin acara sampai lewat tengah malam

      Hapus
  2. Balasan
    1. siapa dulu dong pak liknya

      Hapus
    2. hayooo siapa pak liknya ?

      Hapus
    3. siapa dulu dong mamangnya...

      Hapus
    4. mang yono gitu loohhhhh...heheee

      Hapus
  3. Acara yang sangat menarik untuk dilestarikan sebagai bentuk memperingati turunnya Al Qur'an kali pertama. Nice sharing :)

    BalasHapus
  4. peringatan nuzulul quran nya meriah juga ya mbak, kalau di sayamah paling ngaji bersama saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga bagus mas,malah ngaji dan yg lain nyimak

      Hapus
    2. ngaji juga bagus kog, kan bentuk peringatannya sesuai dengan adatnya aja..

      Hapus
  5. Alhamdulillah lancar ya mbak peringatan nuzulul quran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lancar dan sukses,eh tp ceramahnya masuk di hati gak

      Hapus
    2. allhamdulillah lancar dan sukses sampai selesai

      Hapus
    3. kalau saya masuk telinga kanan keluar telinga kiri hehehe

      Hapus
    4. babalas yo mang..hehee

      Hapus
    5. maksudnya sama dengan saya mang, hehe

      Hapus
  6. acara yang harus di lestarikan mbak,yang penting kan dpt jajan banyak tho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee...snacknya banyak kog dapat 2..

      Hapus
  7. Alhamdulillah .... Nisa dpt menyelesaikan tugasnya dgn baik.....penggalangan yg luar biasa yg akan selalu di kenangan Nisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mbak, biar bisa dikenang sampai nanti dia dewasa

      Hapus
    2. kenangan yang tak mudah terlupakan

      Hapus
    3. betul, bsk kalau besar mudahan2x juga mau kalau disuruh pentas lagi

      Hapus
  8. daerahku juga masih ada... cuma sederhana? ngaji bersama selesai jam 10.30

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ngajinya tiap hari sampai jam 9.00

      Hapus
    2. berarti lama'an daerahku ?? hehee, tp gak pernah ikut mba ??
      @mang yono_ Masaa ??

      Hapus
  9. Wah Nisa hebat nih baca Al Qur'an

    BalasHapus
    Balasan
    1. allhamdulillah berkat latihan juga

      Hapus
  10. Balasan
    1. terima kasih buat sandalnya, sudah saya amankan, pulang nyeker, hehe

      Hapus
    2. hahaaaa....ternyata tukang bersih2x sandal ya pak

      Hapus
  11. meskipun Nisa ngantuk, yg penting lancar kan mbak? bnr jg tuh kata mas Rawins, hrsnya acaranya jgn kemaleman

    BalasHapus
    Balasan
    1. lancar semua, tarwihnya yg selesai lebih dari jam 8 kog jd acaranya mundur

      Hapus
    2. allhamdulillah lancar mang

      Hapus
  12. wah anaknya hebat mbak... saya saja masih takut gerogi baca alkuran di depan orang banyak hehehehe,,,, saya masih kalah sama nisa hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa dulu dong Uminya... kalau di depan orang banyak katanya biar ndak grogi jangan lihat muka atau mata hadirin, tapi lihat telapak kakinya...

      Hapus
    2. Hehehee :) kata orang biar gak gerogi ngantongin beras mas di saku,

      Hapus
    3. @ mas nady : ibunya juga gak bisa kog..hehhee, anaknya itu super cuek kog jd PD aja...hehhee

      @ mang yono : hayoo siapa mang ? gak usah dilihat semua aja..

      @ cyber : hehheee...aneh2x aja

      Hapus
    4. kalau merem nanti malah ketiduran , kan berabe hehehe

      Hapus
    5. gak jd baca no mang...heheee

      Hapus
  13. ya ampuun Mbak
    di hati saya nyeeessss banget begitu kesini liat foto2 di atas. sejuuuk tenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyes adem seperti dalam Kulkas ya mas

      Hapus
    2. aku yo mak nyeess nek batuk'e ditempeli atusan ewu..hehhee

      opo meneh dinehi klepon yo pak

      Hapus
  14. Anak Mbak bener-bener bisa bikin ortu bangga, saya tentunya akan merasa bangga jika anaku nantinya bisa seperti itu. Jaman sekarang saya lihat mulai susah anak disuruh mengaji

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sebagai temennya bangga juga mas

      Hapus
    2. allhamdulillah anaknya itu pemberani pak, jadi kalau disuruh petas apa mesti mau kog. anaknya juga kadang ngaji kadang enggak, ini aja les baca al qur'annya berhenti katanya bosen gitu...

      Hapus
  15. Kalau lihat anak perempuan yadi tambah pengen punya anak perempuan hadoooh, apalagi berjilbab dan nyantri.... hebat euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bikin anak perempuan to mang..hehee

      Hapus
  16. Lihat Nisa baca Qur'an.. jadi inget Alvin yg di hafidz Qur'sn rcti..
    hehe
    diajak ikutan hafidz qur'an aja Mbak NIsanya..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mungkin karena anaknya yang pemberani aja mbak, kalau ikutan hafidz al qur'an belum mampu mbak

      Hapus
  17. Al Quran merupakan wahyu yang turun dari Sang Pencipta.. BAnyak manfaat yang bisa didapat dari AlQuran kalau kita bisa mengamalkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai orang muslim al qur'an menjadi pedomannya patut kita amalkan.

      Hapus
  18. Lumayan malam jugak ya Mbak mulai acaranya. Lha jam 9 gettu, saya saja yg tua bisa ngantuk tuh.

    Klo di beberapa mesjid Banyuwangi, ada yg mneyelenggrakan Peringatan Nuzulul Qur'an-nya bakda ashar sampai buka puasa, jd lnjut dengan bukber.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayan malam, jadi udah banayk yang ngantuk, khususnya anak-anak.

      Hapus
  19. menurut saya acara yang diselenggarakan malam banget kaya pengajian-pengajian itu sangat tak nyaman buat anak-anak, buat orang tuanya juga. lebih bagus kalau penyelenggaraannya sore hari sekaligus ngabuburit, kemudian diakhiri buka bersama...tapi salut buat Adik Nisa...pinter ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibilang siapa dulu dong pak liknya, hehe
      jadi mampir gak ke kasihan ?

      Hapus
    2. iya nih, belum tau kediaman Mbak Iis je...Mbak Iis apa Mas Is...hampir sama namanya...

      Hapus
    3. la memang satu rumah jee

      Hapus
    4. deket banget mbak khusna, pokoknya entar kalau ke tempat saya kalau sampai dilapangan itu kasih tahu aja tak jemput.saya satu rumah sama pak isnaeni kog...heheee

      Hapus
    5. dobel Is kan? Saya kayak nggak asing dengan wajah Mas Is...kayak pernah ketemu dimanaaaa gitu...

      Hapus
  20. Balasan
    1. rame krena banyak jamaah yang hadir

      Hapus
  21. wah pintar baca qur'an ya nisanya. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pinter kog, cuma bisa dan belum lancar banget

      Hapus
  22. Syiar Agama Penting...Pendidikan Agama sejak Dini Lebih Penting.

    I Like this Post

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, biar dia punya pegangan iman yang kuat

      Hapus
  23. Balasan
    1. monggooo, klepone monggoo disambi...mudik gak pak ?

      Hapus
  24. menanamkan jiwa ke sholehan kepada anak sejak dini sangat bagus sekali....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, biar besuk dewasa sdh terbiasa.

      Hapus
  25. kunjungan lagi mbak iis... saya mau ngabuburit di sini ya...? tolong di siapin.. es cendol sama nasi goreng ya mbak.. nanti saya mau sekalian berbuka puasa di sini.......heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya buka puasanya cuma pakai air putih kog...heheee

      Hapus
  26. Mbk Nisa dan Mbk Gita seru kerjasamanya

    BalasHapus
  27. BLogwalking pagi sambil menunggu waktu sahur..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan duduk manis...hehheee

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno