Home » Diam atau Bersuara

Diam atau Bersuara

Gambar dari google
Dari kejauhan suara nisa sudah kedengeran, dia pulang dari masjid habis takjilan dan sholat magrib. "Assalamu'alaikum", nisa memberikan salam. 
"Wa'alaikum salam", jawabku
Tanpa basa-basi dia langsung bercerita tentang kegiatannya tadi di masjid. Katanya tadi diadakan tes untuk membaca surat-surat pendek untuk mengisi pas nanti pengajian Nuzulul Qur'an. Kandidatnya ada tiga pasangan, setelah diadakan seleksi Nisa kepilih untuk membaca surat pendek yang dilantunkan. Nisa kepilih katanya suaranya bisa keras jadi semua bisa kedengeran. 

Tanpa disengaja ternyata nisa yang cerita itu sambil ngliatin Riski yang lagi sholat dikamar. Setelah Rizki selesai sholat Nisa langsung bertanya:

 " Mas kiki, tadi sholatnya kog gak diam aja, mulutnya gak bergerak ? gak baca ya ?" kata nisa
" ya bacalah masak gak baca, kan dalam hati" jawab Rizki
" wah, itu gak boleh mas, harus ada suaranya ? " kata Nisa
" dalam hati itu gak apa-apa nis, yang penting kita sholat" jawab Rizki
" Kata guruku kalau sholat itu harus ada suaranya tapi pelan aja biar bacaannya tidak keliru"     kata nisa
" walah, mbuhlah nis, sing penting wis sholat"  jawab Riski

Mendenger obrolan mereka berdua sangatlah lucu, kayak orang berantem aja. Pada mempertahankan pendapatnya sendiri-sendiri. Akhirnyapun aku turun tangan dan ngomongi mereka berdua, untuk tidak saling adu pendapat. Berlagak sok tahu begitu dech,  akhirnya aku bilang ke mereka berdua, kalau semuanya benar  tapi lebih baik memang dilafalkan suapaya tidak lupa bacaannya. 
Bener gak sich jawabku itu, mungkin temen-temen ada yang tahu ?

Ya mungkin itu aja cerita dari saya, maklum kalau buat bikin postingan yang berat kadang otak mau diajak kompromi. Semoga semua temen blogger masih pada puasa semua.

aksi gokil


Salam manis





153 komentar:

  1. kalau aku cenderung menggerakkan bibir waktu melafalkannya tapi tidak bersuara

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sampai monyong lho mbak

      Hapus
    2. yg penting komat-kamit ya jeng...tp jangan kayak mbah dukun lo...hehheee

      Hapus
    3. lHO MBAH DUKUN ITU komat-kamit tho klo nrima pasiennya Mbak?

      Hapus
    4. hahhaaaaaaaa........lha itu lagunya mbah dukun, komat-kamit baca mantra katanya...

      Hapus
    5. walah, jadi bahas dukun,.

      wkwkwwkkw :D

      Hapus
    6. siapa tahu bisa jd dukun

      Hapus
    7. asal jangan dukun cabe saja mbak hihi

      Hapus
  2. eh, mbak kok nggak ikutan aksi gokil?
    [belum baca postingannya]

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus kalau ikutan aksi gokil...siapa dong yang gokilnya...hehehe

      Hapus
    2. mungkin yang lebih muda heheeh

      Hapus
    3. nanti malah gak bs balik lho jadi go kill terus, eh go kill kan pergi membunuh, jadi berburu ya

      Hapus
    4. hahhaaa....aku mah sering foto gokil, tp ya gak di publish kan...entar kalah tenar

      Hapus
    5. Foto gokil kayak gimana sih?
      #sok unyu

      Hapus
    6. sok narsis mbak..hehee

      Hapus
    7. kalau mbak Iis yang narsis pasti lebih gokil.. hihihi

      Hapus
    8. gokil tur pethakilan...hehheeee

      Hapus
  3. namanya saja "membaca surah", sama dengan "membaca Al-Qur'an", tentu bibir ikut bergerak. Kl diam saja itu namanya "membatin", hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha itu yg bener, memang harus ditanamkan ke anak2x sejak dini biar tdk salah

      Hapus
  4. nah berarti Ibu Iis termasuk pada kriteria di postingan saya"5 cara sehat bagi orang tua", soalnya anaknya ternyata lebih dari 1...yang pertama malah udah remaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....memang diakui kog

      intinya udah tua ya pak cik..

      Hapus
    2. Lha anak saya sdh tiga lho? #anak ketemu gede

      Hapus
    3. berarti saya juga harus ikut nambah anak nih..

      Hapus
    4. M'ba Is: meskipun gituh, c mba ini tetep kiyut deh ih...;o)

      Hapus
    5. kang lembu ini memang handal, handuk dan sandal

      Hapus
    6. bandem sandal maksudnya pak agus....kkwkwkkww

      Hapus
  5. Teliti banget Nisa nya :)
    Menurut aq, mengamalkan syariat Islam memang harus sesuai dengan tuntunan yang diajarkan Nabi Muhammad, kalau enggak, sama saja dengan sia-sia :)

    BalasHapus
  6. menurut ane gan harus di baca atau ada suara yang keluar gan :D

    BalasHapus
  7. wiih manteb deh buat Nisa, dan keren aksi gokilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga gak nyangka kog kalau nisa bisa ngomong gitu..

      Hapus
    2. sama kayak ibunya ya.. hehehe

      Hapus
  8. sayamah kunyam kunyem wae teh, nupentingmah teu ganseng, salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee, asal jangan sambil senyum-senyum sendiri ya...

      Hapus
    2. kunyam kunyem baca bacaan sholat atau makan ubi kang?

      Hapus
  9. wallahualam, tp pernah denger potongan suatu hadis ".....gerakanlah bibirmu ketika sholat".
    tp lupa terusannya, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, saya juga pernah denger, memang harus dilafalkan tujuannya biar bacaan surat tersebut tidak ada yang lupa

      Hapus
  10. saya sih cenderung membaca tapi lirih, umik umik gitu lambe saya...
    itu yang kaos merah preman dapur ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi nggak monyong kan bibirnya..

      Hapus
    2. hehheee...yg kaos merah kayaknya mau ikut gokil tp malu pak ..

      @ KS : ya monyong dikit gpp lah..heheeeeee

      Hapus
    3. jangan sampe komat kamit mas :p

      Hapus
  11. Saya sama dengan mas Agus, lambenya umed-umed juga ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee, saya juga sering komat-kamit kog

      Hapus
  12. kalau saya cenderung tidak bersuara..
    bacanya dalam hati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu sah2x aja, tp bianjurkan untuk melafalkannya..

      Hapus
    2. serta dihayati dan diresapi

      Hapus
    3. biar jadi khusu' ya mang..

      Hapus
    4. dihayati dan diresapi dengan penuh perasaan..

      Hapus
    5. sapinya sapa yang diresap..? *Upss

      Hapus
  13. .. setujuh mbak ma pendapatnya. asal jangan terlalu keras aja. he..86x. oia kunjungan perdana untuk balas kunjungan. maav mbak baru berkunjung,, cz aq jarang ol. he..86x. tenkz ya untuk kunjungan nya?!? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. gpp mbak, mksh kunjungan baliknya..

      Hapus
    2. wah nge heheh nya sampai 86x ckckckckc

      Hapus
  14. Hehehe, iya yah, kok jadi kayak berantem gitu..hehehe
    Tp saya setuju sama jawabn Riski "sing penting wis sholat" hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...biasana anak2x mesti ujung2xnya terus berantem, krn sholat wajib

      Hapus
  15. Salam kenal lagi mbak hehehe. Blognya sudah saya save Insya Allah kalau ada postingan terbaur lasngung meluncur kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak, entar save balik dech...met tipitas

      Hapus
    2. ikutan save juga ach..

      Hapus
  16. anak2 yg pintar, kecil2 sdh antusias pd agama *smile

    yg benar itu dilafadzkan mbak, cz dlm shalat ada yg namax shalat Jahr (suara dikeraskan) dan shalar sirr (suara dipelankan/dilirihkan)...

    BalasHapus
  17. saya rasa sudah bener mbak...dilafalkan biar tahu
    silaturahmi di bulan ramadlon mbak, semoga oasanya masih mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh pak kunjungannya, semoga puasanya lancar dan mendapatkan baeokah

      Hapus
  18. sependapat sama mas agus setya :D


    *ngikut nggeh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ngikut harus bayar, mslhnya tiketnya mahal lo..hehee

      Hapus
  19. gak salah juga sih kalau membaca dalam hati, cuman alangkah lebih baik jika mulut kita ikut membaca karena selain agar tidak lupa dengan bacaan sholat, kita akan lebih khusyu' lagi. terkadang kalau hanya membaca dalam hati, pikiran kita bisa kemana2 alias gak khusyu'.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, makanya dianjurkan untuk melafalkannya biar tidak kelupaan bacaannya

      Hapus
  20. obrolan anak-anak memang seru, kadang kita orang tu kesulitan menemukan jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bpenting yang menjelaskan harus tepat, krn anak-anak biasanya hanya meniru orang tua

      Hapus
  21. Seneng yah mbak punya anak dua ,trus akur anak-anaknya,,,seneng banget tuh pastinya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya suka komat kamit,biar kalimatnya tepat,,,

      Hapus
    2. allhamdulillah pak bisa diatur semua, semoga sampai besuk besar, betul sekali harus dilafalkan

      Hapus
  22. Kalau cik awi mau nya bersuara mbak kalau diam ntar malahan sepi ntar lebaran wakakakak...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaaaaa..........sambil nyalain mercon ya

      Hapus
  23. semua betul. Yang salah jika diam karena tidak salat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, itu berarti cuma diam berdiri aja...hheee

      Hapus
  24. mampir dulu ya gan, biar ga ketinggalan info :D hehe
    kalau saya sih mbak, diam, tapi bibirnya aja yg digerakin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...kayak komat kamit ya

      Hapus
    2. kayak mbah dukun ya..

      Hapus
    3. hahah ngga juga kali mbak :D wkwkw

      Hapus
  25. bagus nya kan gerakin bibir tapi tanpa suara mbak,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan mulutnya menjas-menjes doang heheheh

      Hapus
    2. entar kayak fotonya mang yono

      Hapus
  26. kalo baca doa dan surat dalam sholat suara sy lirih, mba. seperti lirihnya suara sy di telinga istri saat berucap: i lov yu...

    BalasHapus
  27. iya bener Mbak, jangan dibikin berat. nyantai saja. kasihan otak kita ntar malah korengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaaaaa...........nek korengen mengko di titili wae...

      Hapus
    2. di botok campur iwak teri..

      Hapus
    3. pasti semua pada wamu ya..heheeeeee

      Hapus
  28. yang bener sih didalam hati :)

    BalasHapus
  29. Kalau saya bersuara tapi pelan Mbak.., kalau diam ngantukan.., hehehe..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ndak bersuara malahan pikiran ke mana mana ya mas.. heheh

      Hapus
    2. kembali ke hati masing2 mang , konsen apa nggak :D

      Hapus
    3. betul seklai karena kalau gak ada suara pasti malah pikiran kemana-mana dan malah ngalamun...hehhee

      Hapus
  30. saya setuju dengan sobatku Rohis, sholat Jahr (suara dikeraskan) pada 2 rakaat pertama sholat subuh, maghrib dan isya dan shalar sirr (suara dipelankan/dilirihkan) pada sholat dhuhur dan ashar ....mohon maaf bila salah,...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimaafkan kog...memang sebaiknya di lafalkan biar gak salah baca

      Hapus
  31. IYaaa Nisa lucu kali niiih. Kalau aku juga cederung komat-kamit aach. Hihiii...gokil abis, yang dibelakang siapa ya?

    Salam
    Astin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...yg dibelakang itu penampakan..hehee

      Hapus
  32. Balasan
    1. diam tapi jufa sholat tok gak hanya berdiri

      Hapus
  33. Makasih infonya, saya sudah mencobanya :)

    BalasHapus
  34. Nice info mbak. Visit back :)

    BalasHapus
  35. Wah ini informasi yang sangat menarik. Salut :) Ditunggu kunmbal nya :)

    BalasHapus
  36. mampir dulu nih, takut ketinggalan info :D
    jangan lupa comment back ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh koment, info terbaru baru di pikir..heheee

      Hapus
  37. Nice info sob, ditunggu comment back ya sob :)

    BalasHapus
  38. Mantap artikelnya boz, nice info pokoknya :)

    jangan lupa visit back :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap meluncur, mksh kunjungannya

      Hapus
  39. Ma kasih inpohnya, salam cemerlang buat admin Sketsa Kata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya, salam manis dr sang admin

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno