Home » » Bancakan Weton

Bancakan Weton

Nasi Bancakan
Minggu, 30 Juni 2013 kami sekeluarga pulang kampung ke Klaten untuk silahturahmi dengan orang tua. Kebetulan sekali pas kami tiba ibu saya  baru saja memotongi sayuran, katanya buat bancakan weton (hari lahir) buat kakak saya. Konon katanya dulu kalau sering mengadakan atau memperingati hari lahir (weton) itu rejekinya akan lancar, aah itu hanya mitos aja bagiku. Waktu aku kecil memang sering ikut bancakan weton tersebut bila tetangga ada yang bancakan. Nasi bancakan itu berisi gudangan (sayur-sayuran yang direbus), ama telur rebus. Saya membantu memasak dan menyiapkan untuk  bancakan tersebut.
Biasanya bancakan diadakan sore hari, biar semua anak-anak pada ngumpul.

anak-anak mau ikut bancakan
Dari kejauhan keponakan saya berteriak-teriak, bancakan....bancakan...hayoo siapa yang ikut bancakan ?
Gak selang berapa lama anak-anak pun berlari-lari mendekat untuk ikut bancakan, ternyata bukan hanya anak kecil orang dewasapun masih suka ikut bancakan....hehhehee. Merekapun dengan riang gembira ikut mengantri, sungguh pemandangan yang sangat menyenangkan sekali. Pemandangan kayak gini di kota sudah jarang sekali dijumpai, karena pada sibuk sendiri-sendiri.

Bancakan akhirnya dibawa keluar
Bancakan dibawa keluar untuk dibagikan ke anak-anak dan tetangga yang datang, kadang satu rumah bisa datang semua....hehheee. Ramai sekali merek karena pada berebut untuk minta duluan, sampai dorong-dorangan. 

Satu orang bisa bawa 3 pincuk

Bancakan yang sudah dibagi
Kalau keluarga ada yang tidak bisa datang mesti dimintakan, jadi satu keluarga bisa dapat semua. Nasi bancakan memang dapatnya sedikit-sedikit katanya biar rata semua. walaupun hanya gudangan sama telur sedikit tapi enak dan sedap, lumayan bisa bikin kenyang perut.....hehheeee.

Temen blogger ada yang pernah ikut bancakan gak ?

Salam Manis

155 komentar:

  1. Yg namanya tradisi memang sulit dilupakan,padahal tidak ada kaitannya dgn Rejeki.
    Ahh ....klw cuma ngadati ya ndak papa. kan enak makan2 gratisan....hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, yang penting anak-anak pada senang dan bisa makan bareng.

      Hapus
    2. nilai utamanya adalah sodaqoh ke tetangga dan kepedulian terhadap sesama

      Hapus
    3. 3 ibu2 sedang bercengkrama sangat akrab pisan

      Hapus
    4. dan 1 bapak 1 bocah lagi ngantri bancakan

      Hapus
    5. mbak khusna saya setuju banget, niatnya sodakoh dan berdoa bersama,

      Hapus
    6. ayo konco2x podo melu bancakan, sopo sing dadi pak kaum'e ben isoh mangan bareng2x...

      Hapus
    7. ayo ayo...sing ndungani ya modine ae

      Hapus
    8. hahhaaaa....enak wae, lha ku sing modini dewe kog.

      Hapus
    9. melu antri uleh ra iki?

      Hapus
  2. Ternyata kalah sigap sama mbak Indah rebutan pertamax.
    Kok cuma ke anak-anak dibaginya, orang tuanya juga ngiler lihat nasi bancakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau doyan ya ikut aja pak, asik kog bisa ikut rebutan nasi bancakan...

      Hapus
    2. lebih asyik lagi kalau ada peyek teri...mmmm nyami

      Hapus
    3. kalau ada peyek, bisa sekalian goyang dong...;o)

      Hapus
    4. iwak peyek... iwak peyek.... seeer... seeer

      Hapus
    5. @ mang yono : pagi2x enak makan peyek sambil minum teh anget...* gak nymbung yo

      Hapus
    6. urap urapnya enak lhoo

      Hapus
    7. dicampur ama bubuk kedelai

      Hapus
    8. sambele sing pedes mbak

      Hapus
    9. sambe pete sing pedes mesti enak..

      Hapus
  3. wah masih ada nggak mbak nasinya :D

    paling seneng deh kalo ada bancak'an :D cz nyari suka nyari yang gratisan ..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti dulu sering ikut bancakan ya..hehhee
      suka yang rame-rame buat rebutan pastinya

      Hapus
    2. hehehe tau aja nih mbka nya :D

      Hapus
    3. ya tau dong, siapa dulu temennya

      Hapus
    4. @ siapsih : kan kita bareng ikut bancakan..hehhee

      @ zach : temennya pak zach

      Hapus
    5. kalo mau puasa tuh biasanya di mesjid sering ada yang ngirim nasi gitu

      Hapus
    6. wah berarti besuk aku dimintakan ya...

      Hapus
  4. wah syng di rumahku gak ada tradisi kyk gini,,
    tapi seru gitu ya :D
    salam kenal mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditempat saya tradisi masih kental sekali, seru bisa kumpul2x bareng ama tetangga.

      kenal kembali mbak.

      Hapus
    2. ini tradisi yang bagus lho

      Hapus
    3. perlu di uri2x yo pak

      Hapus
    4. perlu banget, sebenare bancakan weton itu sodakoh dan berdoa, coba lihat di urap urap bancakan ada kluwih dan kecipir atau kangkung, kalau kluwih itu kita berdoa biar rejekinya luwih luwih, kalau kecipir dan kangkung itu kan tanaman merambat , biar rejekinya merambat alias berbagi dengan tetangga,

      Hapus
    5. @ agus : wah pak agus ki ketok'e ndisik dadi dukun bayi ki ngerti gang bancakan, sok ndongani yo pak..hehhe

      @ zach : dirimu teko keri ora dibagehi

      Hapus
  5. kayaknya sedap sekali ya nasi bancakan, banyak sayurnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedap sekali karena bau harum bumbunya ..

      Hapus
    2. aroma kencurnya yang bikin seger dari gudangan.

      Hapus
    3. ditambah lagi dengan daun jeruk purutnya...yumiiiiiiiiii

      Hapus
    4. wah gak nyambung tuch...

      Hapus
    5. kunir kan buat goreng ikan asinnya mbak ,eheh maksa ya

      Hapus
    6. lha itu buat lauknya, pas dengan masakannya

      Hapus
  6. dulu waktu saya kecil, simbah saya sering buat yang model gini untuk saya, kadang pakai lauk ayam kampung dan jenang manis. harapannya, saya tumbuh jadi anak pintar dan sehat, maklum saya kecil sakit-sakitan hingga menjelang SMP...tapi maknanya buat saya adalah sedekah untuk tetangga dan wujud sayang mereka ke saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesimpulannya KK sekarang sudah tuwa kan?!

      Hapus
    2. sekarang KK sudah jadi bunda dan bloger

      Hapus
    3. @ khusnan : wah dulu serinbg juga ya di bancakan, pastinya dulu suka rewel tuch..hehheee

      @ cilembu : udah punya buntut (anak)

      @ mang yono ; bloger sejati..hehee

      Hapus
    4. sedekah di jauhkan dari balak

      Hapus
    5. betul, yuk banyak2x sedekah

      Hapus
    6. apalagi menjelang puasa ramadhan ya mbak

      Hapus
    7. iya, lebarannya sebentar lagi

      Hapus
    8. @ agus : betul, jangan lupa shodaqoh takjilan ro aku...hehhee

      @ zach : mesti ngarep2x angpo...hehee

      Hapus
  7. kalau sepengetahuan saya ini namanya "meng-Agamakan Adat" :)
    saya juga belum pernah, di daerah saya juga gak ada yang kayak gini mbak lis,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karena adat kadang susah dihilangkan, harus pelan-pelan untuk menghilangkan. besuk ikutan aja kalau ada yg bancakan

      Hapus
    2. bukan mengagamakan adat kok mas, ini sebagai siasat syiar islam dahulu , kan masyarakat jawa mayoritas hindu dan budha,

      Hapus
    3. betul pak agus, itu adat budaya hindu yg sdh melekat dimasyarakat.

      Hapus
    4. sama penyiar agama dahulu disisipkan dengan doa ala islam kan, dan juga di rubah menjadi sodakoh

      Hapus
    5. manut wae ro kyaine agus...hehhee

      Hapus
  8. owh ternyata makanan seperti itu namanya Bancakan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang, bukan becakan lho..

      Hapus
    2. betul, belum pernah ikut ya...

      Hapus
    3. Bancaan bukan nama dari makanan.. tapi jenis tradisi syukuran dari jawa.

      Hapus
    4. kalo bantalan lain lagi

      Hapus
    5. bantalan trs ...zzzzzzzzzzz

      Hapus
  9. wah pengen donk ikutan rebutan makanan...
    tapi jangan sampai terjadi keributan kalau ga kebagian hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak kebagian hubungi panitia bancakan Kang WS, heheheh..:)

      Hapus
    2. kalau jalan belakang boleh ndak mas

      Hapus
    3. @ wewengko : tau gitu kemarin aku ajak ikutan..hehe

      @ boku : kalau gak kebagihan silahkan pulang dengan tangan hampa..heheee

      Hapus
    4. ojo nganti jorok-jorokan lo

      Hapus
  10. Sippp... saya juga suka makan nasi bancakan. Kalau disini bilangnya murak bancakan.hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tempat saya selametan..

      Hapus
    2. Selametnya lagi pergi kondangan Mas boku

      Hapus
    3. @ yanuar : enak ya, bikin kenyang..

      @ boku : selametan kecil2x an aja

      @ suratno : ditempat pak suratno yg ada yg sunatan..hehee

      Hapus
    4. tadi slamet titp salam

      Hapus
    5. mesti bawa angpo sekalian to, hayooo...ojo dipek dewek..

      Hapus
  11. Saya suka bancakan weton, nasi gudangan mbak.., uenak tenan..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering berebut ya...pasti minta dobel

      Hapus
    2. nasi gudangan yang gimana mas, ditaro dulu di gudang ya?

      Hapus
    3. gudang bakul nasi mang..heee

      Hapus
  12. Aku pernah dnegar istilah ini waktu ke Semarang, tapi ditempatku gak ada bancakan kalaupun ada istilahnya saja yang berbeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti udah pernah merasakan makan bancakan ya..

      Hapus
    2. namanya bukan bancian kan mbak

      Hapus
    3. bancian itu yg cucoook rumpi dech...hehheee

      Hapus
    4. malah koyo dundung pringis..heheee

      Hapus
  13. saya sepertinya lebih tertarik sama makanannya...lapar oeeyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee....ambil aja langsung

      Hapus
    2. panitianya aja jug gak kebagihan kog

      Hapus
  14. baru tau ini malah gan.,

    nice info deh.,

    di tunggu kunbalnya,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bukan jawa pasti gak tahu...

      ok. mksh kunjungannya

      Hapus
  15. OH.... itu among-among namanya kl di Cilacap

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya semacam itu, wah asli ngapak to iki...hehhee

      Hapus
    2. @ mang yono : ya gak beda jauh

      Hapus
  16. oooh begitu, terus makannya ndak pake sambel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pakai, entar pada kepedesan mang...

      Hapus
  17. Kayanya enak nih, saya jadi pengen nyoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja, kalau ada yang bancakan ikutan...hehhee

      Hapus
  18. aku kemarin juga habis ngadain bancakan....murah -meriah dan enak serta merakyat dengan anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukuran ya, apa ultah hari lahir (weton)

      Hapus
    2. bancaannya sunatan Raja Blangkon, mbak hehe....

      Hapus
    3. hehheee...kog gak pada diundang ya, peliit si raja..

      Hapus
  19. fotonya kok kayak panganan gatot & tiwul ya???
    hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....itu diatas sayuran di taburi bubuk kedelai

      Hapus
  20. Tradisi budaya Jawa yang masih tetap eksis sampai sekarang sebagai bentuk rasa syukur kita dilahirkan sebagai manusia makhluk yang paling mulia di jagad raya ini. Syukur tersebut diwujudkan dalam bentuk sedekah berwujud 'bancakan weton'. Kata orang bijak sedekah itu dapat menolak balak. Tentu semua itu dengan idzin Tuhan. Info dan gambar yang menarik. Salam cemerlang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, itu hanya bentuk filosofi kalau kita diharuskan berbagi/shodaqoh kepada tetangga atau yg lainnya. mksh kunjungannya

      Hapus
  21. percaya atau tidak percaya saya dan istri di tabrak itu pas hari weton istri saya. tapi banyak teledornya sih dari pada aura mistisnya, tapi
    penyebab teledor itu juga misterius

    BalasHapus
    Balasan
    1. percaya nggak percaya-percaya boleh tapi semua dikembalikan kepada yang menentukan takdir

      Hapus
    2. @ agus : itu mungkin hanya kebetulan saja pak, pas dengan harinya jangan jadi prasangka buruk.

      @ thanjawa betul, hanya alloh yg mempunyai alam seisinya

      Hapus
  22. Kalau bancaan weton dulu, saat masih tinggal didesa, mbah saya selalu buatkan bancaan weton kalau ndak salah namanya buceng.. tapi sekarang udah gak pernah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah hilang ditelan waktu ya..

      Hapus
  23. sudah jarang banget nih di kota, kalaupun ada mesti sudah diberi box dan langsung dibagi ke tetangga karena jarang yang datang, tidak kayak di desa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu namanya berkat kendurian

      Hapus
  24. di sini bancaan ada dan identik slametan yang konten sebenarnnya adalah tasyakuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kondangan namanya mas, dapat nasi berkatan

      Hapus
    2. @ thanjawa : lha itu kebesaran, dptnya berkat ..

      @ agus : kenduren ya

      Hapus
  25. datang lagi Mbak Iis,,,eh jebul sego gudangane ijih to...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sregep tenan, wis entek kog mabk, gawe dewe wae...

      Hapus
  26. wah hampir sama dengan ditempat saya istialahnya mba tinggal ngilangin n, jadi bacakan hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada tradisi yg sama ya...sering ikut pastinya ?

      Hapus
  27. Balasan
    1. udah habis, bikin sendiri aja...

      Hapus
  28. saya telat nggak ikut makan-makan..hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah kehabisan, pulang aja...heheee

      Hapus
  29. jadi pamer doang nih??
    kapan coba kami dilibatkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaaa...arep melu bancakan antri ngarep dewek...

      Hapus
  30. namanya mu.gkin hampir sama..cuma jenis masakannya yg beda ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang namanya di daerah pak budi

      Hapus
  31. Sepertinya enak tuch mbak
    hehehe

    BalasHapus
  32. Baru denger nih saya bu hehehe, mau cicipin dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ini adat istiada kog, jd jarang yg melaksnakan, bikin aja kalau mau cicipi

      Hapus
  33. Sedap banget Mbak ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baunya samap situ ya, berarti ueeenak ya

      Hapus
  34. Wah..telat nih jadi gak kebagian bancakan..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, udah habis mslhnya yg ikut banyak sekali

      Hapus
  35. selamat malam mbak adimn wach saya mlah kunjungan perdana nie baru tau kalau ada sketsa kata,,saya kira cuman sketsa tawa saja mbak hehehehe salam kenal dech mbak blognya nampak cantik dan rapi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh atas kunjungannya, salam kenal kembali.
      kalau sketsa tawa silahkan nonton di tv aja ya...hehheee

      Hapus
  36. Walah Weton ku malah ora pernah di bancakin mbak..

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno