Home » » Kesaktian Pancasila

Kesaktian Pancasila

Isi dari Pancasila
Hari ini, 1 Juni 2013  bertepatan dengan lahirnya pancasila, mari kita mengingat arti pentingnya Pancasila bagi kita semua. Dulu waktu aku SD sering kali disuruh untuk menghafalkan Pancasila karena isi dari pancasila itu sendiri banyak sekali maknanya sebagai pemersatu bangsa. Dengan kemajuan teknologi yang ada anak-anak sekarang susah sekali untuk mengenal dan menghafal pancasila, dengan alasan gak diajarkanlah, di kurikulum juga gak ada. 

Mari kita coba ingat kembali apa itu isi dari Pancasila, karena hanya melalui Pancasila kita bisa hidup bersama sebagai satu bangsa, Bangsa Indonesi.  Bunyi Pancasila itu sendiri adalah :
  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan, Dalam permusyawaratan Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Pancasila sebagai pemersatu bangsa, sudah  saatnya kita kembali ke nilai-nilai Pancasila yg telah melahirkan kita menjadi satu bangsa, bangsa Indonesia. Kepribadian bangsa yg luhur pun menghilang. Pancasila tidak lagi jadi sumber dari segala sumber hukum. Tidak lagi jadi hukum tertinggi, dilupakan. Sebagai suatu bangsa, kini Indonesia mulai kehilangan arah dan pedoman. Pancasila tdk lagi jadi ideologi, falsafah, sumber nilai-nilai  luhur. 

Sudah saatnya era reformasi diluruskan. Kembali menghidupkan nilai-nilai luhur yg terkandung dalam Pancasila. Mari kita tanamkan ke anak kita arti pentingnya nilai-nilai pancasila yang terkandung di dalamnya. semoga kita mampu memaknainya dan selalu menjaga Pancasila.
Selamat ulang tahun...selamat hari lahir Pancasilaku...Jayalah negeriku ...MERDEKA !!

Salam Manis

77 komentar:

  1. iya ya hari kesaktian Pancasila sekarang,
    semoga tetap sakti aja deh Pancasila

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakti dan jos gandooss..

      Hapus
    2. gandos itu nama teman saya kan

      Hapus
    3. jaduk itu sakti mandraguna, tapi kecepet lawang tetep nangis

      Hapus
  2. Sekarang anak-anak banyak yang tidak hapal, produk sistem pendidikan yang berorientasi kognitif. Kalau tidak hapal, bagaimana pengamalannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu dikaji ulang sistem pendidikan biar pancasila bisa di kenal oleh anak2x dan mengamalkannya.

      Hapus
  3. selamat hari kesaktian pancasila.. terimakasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. sama-sama, saling mengingatkan

      Hapus
  4. semenjak ndak duduk dibangku sekolah, sekarang jadi lupa arti 1 juni....heheheheh...sudah gawat nih... thanks mbak udah ngingatin kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa perlu sekolah lagi biar inget ya...heheee

      Hapus
  5. saya jd inget dulu...sekolah masih ada penataran P4nya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa P4 nggak P5 aja ya..

      Hapus
    2. sekarang udah gak ada penataran p4, hilang ditelan bumi..

      Hapus
    3. Ih gak takut keselek yah nelem P4....

      Hapus
    4. makanya sekarang banyak kejahatan dan amoral (?)

      Hapus
  6. owh ya sy kira hari kesaktian pancasila jatuh 1 oktober...ndak taunya hari ini ya.... :)

    beneran lupa saya...hehe ;)

    BalasHapus
  7. Jadi ingat jaman waktu masih sekolah dulu kalau upacara sering giliran membaca teks pancasila... Semoga bangsa ini tetap bersatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas deket dengan komandan upacara ya

      Hapus
  8. ko' bareng sama hari anti rokok sedunia ya..
    hari pancasila jatuh pada 1 juni ya. *saya ko' lupa ya..xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tahu kalau bareng, malah tiup lilinnya sama2x...heheee

      Hapus
    2. asal jangan tiup obor mbak..xixixi

      Hapus
  9. jadi inget waktu kelas satu SD pahaku dicubit bu guru karna ga hapaf Pancasila

    hik malu campur sedih karena waktu itu ada suatu hal makanya aku ga hapal bukan karna aku ga menghapal

    hehe
    ---------

    Selamat Ulang Tahun Pancasila !

    aku akan setia
    dan selalu cinta
    kepadamu Indonesia ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...susah ngapalinnya ya, atau emang gak dihapalin.
      pokoknya I love u Indonesia....merdeka

      Hapus
  10. Sekarang hari2 nasional kok ƍäªќ semeriah dulu waktu saya kecil ya, ah..semoga ini hanya perasaanku saja, dan mirisnya Lɑ̤̥̈̊ƍΐ , Pancasila yang sakti ini, sila2nya pada banyak yang tidak hapal, hik hik hik..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya sekedar tidak hafal malah menurutku kini mulai tidak kepaketuh ke5 sila yg ada. Coz saya lihat perilaku warga kini banyak yg tidak mencerminkan sila2 yg ada itu

      Hapus
    2. betul sekali, anak2x sekarang pada tidak hapal akan bunyi pancasila

      Hapus
  11. Apakah masih sesakti dulu pada jamannya Bung Karno, pancasila ini? Menjadi tanggung jawab kita bersama agar Pancasila tetap Sakti!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, kita harus ikut bertanggung jawab juga dalam pengamalan pancasila

      Hapus
  12. wah, ternyata saya lupa mbak ... :(

    Follow sukses mba .. Follow back yah ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mesti diingetkan terus nich bair inget..

      siaaap meluncur

      Hapus
  13. Jd ingat masa SMA lg nih, selalu kebagian jadi regu koor kalo ada upacara gtu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti suaranya diakui tuh Mbak, nggak sekedar terdaftar.

      Hapus
    2. @ nia : wah berarti pilihan dong, pasti suaranya merdu tuch mbak

      Hapus
  14. padahal 1 juni itu hari lahirnya pacar saya jaman sekolah dulu loh Mbak. sekarang udah jadi istrinya orang. apa kayak gitu ya sakti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakti karena bisa lari dari tangan mas zach

      Hapus
    2. @ zachflazz : hehheee...biarkan aja berlalu kagak usah diperingati biar jadi sakti mandraguna...heheee

      Hapus
    3. emangnya saya gatotkaca? bukan. saya antareja je... tembus bumiiii....

      Hapus
  15. Balasan
    1. jer basuki mowo bea, jawa timur banget, hehe

      Hapus
  16. Saya sudah lupa dengan sila-sila pancasila. oh ternyata 1 juni hari kelahirannya to ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sibuk cari emas berlian, jd lupa ya

      Hapus
  17. udah pada lupa kata katanya apalagi maknanya
    penataran p4 harus digalakin lagi kayaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus selalu ditumbuhkan biar pada hafal dan bisa dimengerti akan nilai-nilai dari pancasila.

      Hapus
  18. Kayaknya hanya seremonial belaka sekarang, buktinya Pancasila dah banyak dilupakan oleh warga kita, Pancasila makin kehilangan kesaktiannya karena sudah sering ditinggalkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kewajiban kita untuk bisa menjdkan pancasila sebagai pemersatu bangsa.

      Hapus
  19. Banyak yang lupa nih kayanya hari lahirnya Pancasila

    BalasHapus
  20. tak tahu nak komen..

    wah lama tak singgah, semoga sihat selalu Mbak Iis (^_^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. allhamdulillah sehat, mksh kunjungannya

      Hapus
  21. Balasan
    1. semoga jaya selama-lamanya, merdeka

      Hapus
  22. memang harus diterapkan kesaktian pancasila ini disetiap orang , agar biar sakti dan mengamalkan pancasila dengan baik :D




    admin 'Variasi Blogger'

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, biar semua pada sakti ya...heheee

      Hapus
  23. mampir ya mbak..:)
    salam kenal..numpang baca-baca ya..

    BalasHapus
  24. Blog flying pgi Mbak Iis, selamat beraktifitas!

    BalasHapus
  25. Waaah, maaf telat komentarnya. Selamat hari kesaktian Pancasila yang bertepatan dengan hariku juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. met ultah berarti, sukses selalu

      Hapus
  26. kapan ya pancasila benar2 di terapkan dalam negara kita.
    seperti sila 2 dan sila 5. masih jauh dari kenyataan...

    apalgi sila 5.. ga ad keadilan.
    beda2... klo pejabat korupsi milyaran rupiah di penjara. hukumannya ringan trus sel nya mewah
    klo pencuri ayam 1 ekor harga 30rb. di hukum berat,mana di siksa lagi di penjara. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya sekarang hilang nilai-nilai pacasila itu, sungguh ironis sekali

      Hapus
  27. sebenarnya kesaktian pancasila ini indoktrinasi atau memang sakti sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pancasila memang sakti karena mampu mempersatukan dari sabang sampai merauke

      Hapus
  28. sebenarnya bukan pancila itu yang sakti, namun kemampuan lima sila dalam pancasila itu yang bisa menyatukan bangsa kita adalah kemampuan yang luarbiasa..warisan dari para pendiri bangsa ini,
    namun pancasila seakan sudah terlupakan,,,karena dianggap warisan dari orde baru...padahal sebenarnya pancasila ini lahir di zaman kemerdekaan indonesia, jadi bukan warisan orde baru...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, jaman orde baru tinggal mewarsinya
      yang terpenting kita mampu menerapkan nilai2x pancasila

      Hapus
  29. duh baru inget dan baru nyadar juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp...besuk-besuk diinget ya...hehhee

      Hapus
  30. betul betul betul..unyilll hehehe

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno