Home » » Air Terjun Sri Getuk Gunung Kidul

Air Terjun Sri Getuk Gunung Kidul

Pemandangan Air Terjun Sri Getuk
Minggu yang cerah kami bersama keluarga pergi tamasya/rekreasi menikmati  indahnya panorama "AIR TERJUN SRI GETHUK". Salah satu rekreasi itu berupa air terjun yang terdapat di daerah Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Namanya Air Terjun Sri Gethuk. Selain terpencil, akses transportasi ke air terjun Sri Gethuk cukup sulit.
Namun, pesona yang ditawarkan begitu indah lantaran tepat berada aliran Sungai Oyo dan Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, lokasi air terjun Sri Gethuk berjarak kurang lebih sekitar 41 kilometer. Untuk mencapainya, wisatawan bisa mengiktu Jalan Wonosari dari pertigaan Gading belok kiri menuju Playen. Lalu carilah jalan yang menuju ke Paliyan, dari situ Sri Gethuk hanya berjarak 1,5 kilometer. Jalannya yang melewati bukit-bukit dan hutan-hutan jati menanmbah keindahan pemandangan tersendiri.
Sesampai di tempatnya kam mengeluarkan bekal ala kadarnya, karena dari rumah belum sempat sarapan karena kami berangkat pagi-pagi biar gak penuh sesak. Sebelum kam melanjutkan melihat pemandangan dan anjungan yang ditawarkan di lokasi wisata kami makan dulu.
Suasana Saat Makan Bersama
Wah, ternyata asik juga makan bersama-sama dalam suasana yang santai, menambah kenikmatan tersendri karena makannya pakai daun pisang dan kertas minyak. Apalagi makannya paka tangan karena lupa gak  bawa sendok. Setelah kenyang semuanya kami melanjutkan untuk melihat pemandangan di sekitarnya dengan menyusuri area persawahan yang begitu asri. Anak-anak sangat menikmati sekali, mereka sangat senang karena baru pertama kali jalan dipersawahan.
Jalan di area persawahan
 
Padahal selain jalan kaki menuju ke area Air Terjun bisa juga dengan naik perahu, harga sewa perahu yang ditawarkan untuk satu orang adalah Rp5.000 untuk orang dewasa dan untuk anak-anak Rp 3.000, adapun tiket masuk ke air terjun sekitar Rp3.000.

Dahulu Air terjun Sri Gethuk dikenal warga dengan sebutan Air Terjun Slempret. Di sekitar Air Terjun Sri Gethuk juga ada Goa Rancang Kencana dan situs purbakala yang terletak di sekitar Dusun Menggoran, Desa Bleberan Playen, Yogyakarta. Obyek wisata air terjun Sri Gethuk ini belum lama dibuka, sehingga masih banyak para wisatawan yang belum mengetahui akan panorama keindahan tersembunyi di Gunungkidul ini. Kalau dilihat sepintas, sepertinya suatu keajaiban jika di daerah Gunungkidul yang terkenal dengan daerah yang selalu dilanda kekeringan di musim kemarau memiliki keindahan wisata air terjun seperti air terjun Sendang Sri Gethuk ini.

Namun itulah kebesaran Yang Maha Kuasa, dibalik kondisi alam Gunungkidul yang berbatu dan terjal, ternyata ada eksotisme tersendiri yang dipancarkan oleh obyek wisata yang satu ini.

Nah, temen bloger semua daripada penasaran silahkan dech kapan-kapan mampir kesana sendiri.

Salam Manis




 

40 komentar:

  1. Pemandangan air terjun sri gethuk gunung kidul wah..! luar biasa indah ya.. Apalagi yg acara makan2 asyik tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. indah sekali, apalagi kalau kesananya rame-rame makin tambah indah sekali.

      Hapus
  2. Air terjun sri gethuk , wow wow...
    Bisa Ngumpul bareng rame-rame sambil tamasya di tempat kayak gitu , itu romantis mbak ...suasananya tentu masih alami , cocok buat refresing otak

    BalasHapus
  3. Air terjun sri gethuk , wow wow...
    Bisa Ngumpul bareng rame-rame sambil tamasya di tempat kayak gitu , itu romantis mbak ...suasananya tentu masih alami , cocok buat refresing otak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...masih alami sekali tempatnya, karena baru dibuka belum lama.

      Hapus
  4. "Dahulu Air terjun Sri Gethuk dikenal warga dengan sebutan Air Terjun Slempret"

    Kenapa sekarang namanya berubah yah? mungkin bisa diberikan penjelasan dikit untuk pembaca yang suka penasaran sepertiku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu slempret itu nama tebingnya, tp sekarang setelah keluar airnya dan menyerupai air terjun terus orang-orang disekitar situ menyebutnya air terjun Sri Getuk.

      * itu sedikit yang aku tahu karena pas disana gak ada penjelasan yang pasti....maaf bila belum puas dng jawabannya.

      Hapus
    2. Berarti dulu belum ada airnya? Semoga tempat itu bisa terawat dengan baik sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata yah ^._.^

      Hapus
    3. betul sekali, semoga pemda daerah mampu membawa wisata air terjun ini ke seluruh kota lainnya.

      Hapus
  5. Jogjakarta memang keren dan selalu dikangenin. Saya punya banyak teman di Jogjakarta pernah bilang kalaw saya mau ke Jogjakarta lagi akan dia bantu untuk jadi Guidenya. "nanti mas Asep kalaw ke Jogjakarta akan saya perlihatkan Jogja se utuhnya" hehehhe.

    Makan pake piring daun pisang konon praktis, dan termasuk dalam katagori "piring canggih" alias sekali di pake langsung dibuang. Makan pake tangan sampai sekarang juga sering saya terapkan walaupun sudah tersedia sendok. Ada sensasi beda jika makan pake tangan lebih sreg dan mengenyangkan hehheheeh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yogyakarta memang asik buat tamasya karena banyak sekali tempat rekreasi, acara makan2x yang sangat alami sekali....hehhee

      Hapus
  6. waw aku terpesona dengan alam sekitarnya, dengan air terjun yang sangat menyejukan pastinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, apalagi kalau bisa berenang bisa mandi dan sambil mainan air

      Hapus
  7. pemandangannya, subhanallah.. ^^

    BalasHapus
  8. musim kemarau gini emank enakx main ke pantai atau ke air terjun itung2 tuk mendinginkan badan heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. musim kemarau tp air tetep mangalir sungguh rahmat dari Illahi.

      Hapus
  9. Saya malah pengen ke makanan nya mbak.

    BalasHapus
  10. obyek wisata ini belum banyak di-blow-up ya Mbak? padahal nggak kalah lho sama yang air terjun lain yang terkenal disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu belum lama dibuka, makanya masih asli.

      Hapus
  11. wah tinggi juga ya air terjunnya, pasti sejuk deh di bawahnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggii sekali, kalau dibawahnya bisa mainan air.

      Hapus
  12. dari ceritanya sangat mengesankan dan cukup jauh juga perjalanannya semoga bisa datang kesana suatu saat nanti.
    kalau boleh tahu kenapa namanya diganti dari slempret ke sri gethuk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mampir dan main, digunung kidul banyak sekali obyek wisatanya.
      slempret itu nama tebingnya.

      Hapus
  13. apa kabar mbak lama ga nongol di perblogan nih baru balik dari kampung.. asik makan2 rame2 tuh.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. allhamdulillah baik dan sehat, iya nich baru sempat lagi main di blog setelah libur lebaran...asik makan rame2x lebih akrab.

      Hapus
  14. gunung kidul memang terkenal terjal dan berbatuan tapi ternyata menyimpan juga alam yang sangat indah, subhanallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, ternyata malah banyak tempat wisata yang indah dan mempesona

      Hapus
  15. pemandangan sri getuk memang indah ya mbak, hmmm.... mantap.... saya air terjunnya itu lho....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu keajaiban alam, pdhl gunung kidul terkenal tandus dan gersang tp malah menyimpan suatu keajaiban.

      Hapus
  16. Mampir lagi kesini sembari melihat keindahan pemandangan di gunung getuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, semoga suatu saat bisa main ke air terjun sri getuk

      Hapus
  17. Balasan
    1. silahkan mampir bila ke gunung kidul dijamin aasik tempatnya

      Hapus
  18. saya yakin air di sendang Sri Ghetuk itu jernih, karena biasanya mata air di kawasan carst itu muncul dari dalam perut bumi yang dalam. salam kenal mbak Iis. eh kok gak ada nih fotonya yang naik perahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. airnya sangat jernih karena banyak pengunjung pada mandi dan berenang, airnya sangat dingin benget...pas naik perahu lupa gak foto...hehheeeeee
      salam enal kembali.

      Hapus
  19. cantik permandangannya..seronok kalau bersantai bersama keluarga.

    paling suka lihat foto di persawahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sangat asiik bersama keluarga...
      jalan dipersawahan jd inget waktu kecil...hehee

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno