Home » » Mengatasi Kecemburuan Anak

Mengatasi Kecemburuan Anak

Kali ini saya akan memberikan postingan buat ibu-ibu yang memiliki anak lebih dari satu, karena anak-anak sering merasa cemburu kepada saudara kandungnya sendiri, apalagi umurnya sangat berdekatan, jangan heran bila frekuensi pertengkaran kerap terjadi. 
Marah-marahan
Mereka biasanya sering adu mulut bahkan sampai adu fisik, misalnya dengan menampar, memukul dan lain-lain. Bahan pertengkaran kadang sepele, kadang berebut makanan bisa jadi berantem. ibu-ibu semua tidak usah khawatir biasanya mereka akan segera baikan kembali seperti sedia kala.

Disini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kecemburuan anak :

  1. Hindarkan membanding-bandingkan anak yang satu dengan yang lain.
  2. Tumbuhkan kebiasaan saling memberi penghargaan dalam berbagai hal.
  3. Latih dan ajarkan anak selalu mengucapkan terima kasih untuk setiap kebaikan yang diterima.
  4. Ajarkan anak-anak menyelesaikan tugas bersama demi kebersamaan.
  5. Beri penghargaan setiap kali anak mampu adu argumentasi tanpa berkelahi.
  6. Bersabarlah mereka masih memerlukan bimbingan ekstra dari anda
Biasanya semua ini terjadi pada masa anak-anak, yang rentang akan kenakalan.

kita harus memerikan bimbingan supaya anak-anak tidak salah jalan. semoga bermanfaat bagi pembaca semua terutama bagi ibu-ibu........ selamat membaca.

18 komentar:

  1. wahh... emang suka gitu ya mbak..
    aku juga suka cemburu ma adikku.,. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku juga...tp sekarang udah punya anak sendiri malah ngurusu anak yang cemburu...hehheee

      Hapus
  2. saat memberi penghargaan pada saat si anak mampu beradu argumentasi, itu nggak bikin masalah Mbak? mengingat anak satunya misalnya nggak sepintar anak satunya lagi, sehingga penghargaan itu hanya untuk seorang saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diberikan hadiah itu supaya anak mampu mengatasi masalah dan supaya tidak pada kelahi/adu fisik, makanya dilatih untuk menyelesaikan masalah dengan pikiran.

      Hapus
  3. ga pernah cemburu2an sama kakak2 mungkin krn dulu ga pernah dibandingin2 kali yaa sama ortu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus tuch..perlu dicontoh cara mendidik anak yang baik...

      Hapus
  4. kunjungan siang sob.
    gak pernah cemburu ma adik soalnya Tinggalnya jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya...
      hehheee........gak pernah ketemu ya

      Hapus
    2. Paling ketemu pas idul fitri aja. Soal nya aku sekolah nya jauh. Hehehe.
      Mana nih postingan baru nya? :D

      Hapus
    3. yang penting salin silaturahmi aja...
      postingan apa ya..??

      Hapus
  5. Balasan
    1. gimana udah lulusan belum..??

      Hapus
  6. pokok-nya jangan saling melebihkan antara satu dengan yang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.......jangan sampai membedakan antara anak yg satu dengan yang lain

      Hapus
  7. waduh, sesuai banget dengan yang aku alami.. makasih ya say... yang penting itu sabar, sabar dan sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....kan kita senasib, semoga aja bermanfaatt...

      Hapus
  8. Bagus ye tips nya.. masalah kecemburuan anak ni memang saya alami, ialah anak yang kecil tu perempuan dan cemburunya kuat sangat berbanding anak lelaki. sebagai seorang ibu kita akan cuba utk berlaku adil tapi kalau salah satunya tidak puas hati, gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri juga sering mengalami, yang harus kita lakukan hanya memberikan penertian dan menasehati agar tidak berbuat begitu....

      Hapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno