Home » » Nonton Bekakak

Nonton Bekakak

Penyembelihan boneka bekakak temanten 
Kali ini tuk mengisi liburan ada tontonan gratis, yang dinamakan BEKAKAK. Aku sendiripun gak begitu tahu apa yang dinamakan upacara bekakak tersebut, maklum bukan asli desa situ. Yang aku tahu hanyalah upacara penyembelihan sepasang boneka temanten yang terbuat dari ketan. Konon kabarnya dulu ada sepasang temanten yang disembelih di desa Ambarketawang, Gamping, Yogyakarta. Sepasang temanten tersebut rela disembelih karena pengabdiannya kepada Hamengku buwono I yang ingin mendirikan kraton.
Wah bila aku menelusuri asal muasal tradisi bekakak malah tambah bingung sendiri. Aku disini hanya ingin berbagi sedikit ritual dan acara bekakak yang diadakan pada hari jum,at di bulan sapar. Acara bekakak sendiri diadakan tiap tahun di bulan sapar. Setelah acara penyembelihan dilanjutkan dengan kirab, kirab tersebut diikuti oleh penduduk sekitar desa tersebut. 

Pasukan berkuda dari abdi kraton

Tak ketinggalan pula pasukan berkuda dari kraton dan pasukan prajurit yang mengikuti kirab tersebut. Dengan menaiki kuda mereka kelihatan gagah dan berani.

Pasukan Prajurit
Walaupun hujan sangat deras tak menghalangi mereka untuk mengikuti kirab, dan banyaknya penonton yang antusia mungkin bisa menambah semangat mereka.

Tiap Desa Mengikuti Kirab dengan menaiki andong
buah-buahan
Hasil panen sayuran
Selain hasil bumi yang diikutkan acara kirab tersebut, masih ada lagi kesenian yang ikut memeriahkan acara tersebut, seperti jathilan, barongsay dan lain-lainnya.
Barongsay
Jathilan anak-anak
Masih banyak lagi atraksi yang ditampilkan, tak ketinggalan pula ada seni instalsi/replika  Buto yang bikin penonton pada takut terutama anak-anak pada lari menjauh.....hehheee.

Buto Galak

Buto yang menyeramkan
Selain replika buto masih banyak lagi yang menyerupai buto dan tak kalah serunya. Karena mereka sering menakut-nakuti penonton terutama anak-anak.

boneka 
keberaten
Boneka yang cantik

Wah bener-bener tontonan gratis yang bisa bikin anak-anak senang, apalagi pas dengan waktu liburan. Merupakan pengalaman tersendiri bisa melihat acara bekakak ini. Mudah-mudahan tahun depan bisa melihatnya lagi. Bagi temen-temen yang penasaran dengan acara tersebut boleh lihat tapi tahun depan ya...hehheee. 


Salam Manis

61 komentar:

  1. seruu...seruu....palagi liat anak2 nari...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau lihat langsung mesti seru bangets...hehheee

      Hapus
    2. Barongsay sangat lazim di Pontiamak. Kalimantan Barat. Apalagi di kota Singkawang. Ngomongin Jogjakarta memang tidak ada habisnya. Saya ke Jogjakarta sudah sekitar dua kali deh yang terakhir bulan Desember 2005 lalu. Namun belum pernah dapat kesempatan liat parade seperti ini. Kapan ya liat jadual agenda pariwisata Jogjakarta seperti ini tahun 2013

      Hapus
    3. wah udah lama banget ya...wah perlu main kejogja lag nch, sekarang sdh banyak berubah.

      Hapus
  2. seru bgt kayanya, tp kasihan pengantennya disembelih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu wujud kesetiaannya dalam pengabdiannya

      Hapus
    2. tega banget nih sang penguasa

      Hapus
    3. ya menurut cerita orang tua terdahulu memang begitu asal muasalnya

      Hapus
  3. kayaknya rame nih trus arti dari bekakak dengan pengantin disembelih itu apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. rame sekali acaranya, pengantin disembelih konon katanya bentuk kestiaan ke pada raja

      Hapus
  4. hemm itu tho yang namanya be kakak kirain be adik./

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheee....istilahnya memang aneh, saya sendiri juga gak peham bener kenapa dinamakan bekakak.

      Hapus
  5. Balasan
    1. hehheee....mesti takut ama butonya ya..

      Hapus
  6. mlm mbk. di manahtuh mbk. asik jgatu mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijogjakarta, silahkan mampir bila ada kesempatan

      Hapus
    2. iya mbk tar kalu kami plng kmpng. klu gk lpa mmpir mbk.

      Hapus
  7. mampir malam... seru yah acara/festival disana..

    BalasHapus
  8. mbak follback blog saya > http://liong-seo.blogspot.com/ saya udh follow di blog mbak, dengan nama liong outsider, ditunggu follbacknya, awas klo ndak follback, hehehe makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok dech, makasih kunjungannya...

      Hapus
  9. tradisi memang harus di lestarikan. Karena tridisi, warga bisa berkumpul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, jadi menambah keramian acaranya...

      Hapus
  10. saya pikir nonton ayam bekakak..loh mbak lis..namanya hampir sama ya.. :)

    itu boneka manten nya..beneran di buat dari ketan ya mbak.. :)

    hehe..kreatiff dan pinteer juga ya yg buat :)

    BalasHapus
  11. saya dengar hari ini jogja hujan terus ya bu.. ?

    *mbah saya ada di Bantul, saya sendiri baru tahu ada budaya yang seperti ini (memotong boneka)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jogja selalu hujan dan mendung terus...
      wah boleh tuch kalau pas kebantul lihat acara bekakak

      Hapus
  12. Indonesia penuh dgn keragaman ya buk..

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. siaaap...terima kasih kunjungannya

      Hapus
  14. wah seru banget tuch lihat acara bekakanya..? saya malah baru tau kalau ada tradisi menyembelih boneka ini mbak..?

    keren dan seru dech.. makasih informasinya mbak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru bangets, sayng tuch dilewatkan, buat ngisi liburan anak-anak aja...hehhee

      Hapus
  15. kekayaan budaya bangsa sih ya Mbak. cuma asal usulnya, koq mengerikan begitu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya sendiri juga kog ngeri sekali ceritanya...
      sekarang tinggal nikmati acaranya aja, bisa lihat acara kirabnya..

      Hapus
  16. Wah seru tuh, sayyang sekali saya melewatkan berita ini dan ga sempat meliputnya.

    http://joogjacircles.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali tuch...emangnya gak lihat po ?

      Hapus
  17. wah luar biasa ya bro.... sampe rela mati gitu dulunya sepasang pengantin itu. terus yg mengkonversi dari manusia ke ketan itu siapa? apa masih ada andilnya peran wali songo, bagaimana membelokkan ritual yg kaku menjadi sebuah budaya yg menyelamatkan semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu konon ceritanya terdahulu...

      Hapus
  18. wah kayanya seru acaranya mba, bekakak kalo di daerah saya sih biasanya ayam bakar utuh hihi...

    BalasHapus
  19. mengerikan ya Mbak, bikin keraton saja sampai harus menyembelih orang. Semoga makna dari acara-acara semacam ini tidak membelokkan kita pada hal-hal yang seharusnya tidak kita lakukan. Btw acaranya sangat seru sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. acaranya memang seru bangets, saya sendiri juga kurang tahu, itu cuma cerita orang tua terdahulu begitu ceritanya..

      Hapus
  20. Bekakak, namanya aneh ditelinga saya.
    Saya malah baru tahu bahwa ada tradisi menyembelih boneka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maklum aja karena in tradsi sebuah des kog, jd kurang famler

      Hapus
  21. tradisi unik,,,
    ini hanya ada di pulau jawa,,,
    di sumatera jelas gk ada,..
    jdi,nyimak aja deh,..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin aja, mksh kunjungannya

      Hapus
  22. .. kok ada yg serem ya?!? bikin takut. he..86x. tapi kayak nya seru banget tuch. oia Happy New Year 2013 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. happy New Year 2013 juga, semoga tambah sukses

      Hapus
  23. Kayaknya seru mbak. Tapi apa gak terlalu menerikan bagi anak anak. Apalagi yang potong boeka

    BalasHapus
  24. hehhee...yg dipotong kan cuma kue ketan,jd anak2x malah seneng lhatnya cuma sebagai smbol aja

    BalasHapus
  25. seru mbak tapi kok serem juga tu..pake potong leher kayak sulap aja ...kwk..kwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...tp ini bukan sulap dan bukan sihir...aslii dar leluhur

      Hapus
  26. aku baru denger mba nama'a upacara bekakak, padahal aku orang jawa yang kampung'a deket dari situ #payah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...ya kapan2x bisa datang dan melihat sendiri acaranya

      Hapus
  27. totonan gratisnya anak dan ibunya yang nikmati, biar akku nikmati dokukmentasinya saja yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...msh banyak kog dokumennya...asiik ibunya juga bisa ikut lihat

      Hapus
  28. Keren.. Yang paling keren mbak lis bisa medokumentasikannya.. :D

    BalasHapus
  29. kaya nya seru kalo liat langtsung ya mbak

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno