Home » » Kapan Kuliah Anakku Selesai

Kapan Kuliah Anakku Selesai

Ingin Wisuda


Hai sobat blogger semua gimana kabarnya ? kuharap semua dalam keadaan sehat walfiat walaupun cuaca lagi tidak mendukung harus selalu jaga kondisi. Numpang postinga ya...and curhat dikit,
Siapa yang tidak akan bangga melihat anaknya sukses dan bisa menyelesaikan tugas belajarnya dengan baik atau bisa menamatkan kuliahnya. Disini saya mau berbagi pengalaman yang sering saya alami selama saya jadi karyawan di suatu Perguruan Tinggi Swasta, khususnya saya di Fakultas Teknik. Tiap hari kerjaan saya hanya berinteraksi dengan mahasiswa, banyak suka dan duka yang saya alami. 

Sukanya bisa selalu bertukar pikiran dengan mahasiswa dan bisa selalu mendengarkan curhatan mahasiswa entah itu mengenai pacar, orangtuanya atau bahkan mengenai kuliahnya yang berkaitan dengan dosen. Itupun aku harus bisa seksama mendengarkan biar bisa kasih solusi yang terbaik. Dukanya kalau mahasisswa sering sms minta dibikinin ini, itu atau hanya cuma tanya dosennya ada gak....itu yang bikin kadang aku BT....takut pulsa habis.....hehheee, makulm gak ada yang subsidi pulsa.

Terkadang yang membuatku terharu samapi orang tua mahasiswa telp. karena hanya ingin meminta informasi mengenai anaknya, kadang juga ada yang datang ke kampus untuk mencari datanya karena udah lama kuliah kog gak lulus-lulus/diwisuda. Harus bilang apa pada mereka JUJUR atau BOHONG.
Kasihan orang tua yang sudah bersusah payah membiaya tapi anaknya disini hanya santai-santai saja/enggan menyelesaikan kuliahnya. ada cerita dikit nich : kemarin ada orang tua mahasiswa datang ke saya untuk menanyakan anaknya yang kuliah, karena udah merasa lama kog belum lulus/wisdua maklum aja angakatan 2004 sampai sekarang belum lulus. Padahal dijogjakan harus kost dan kuliah bayar terus, masih harus mengeluarkan berapa banyak biaya lagi. 
Kira-kira udah selesai apa belum bu ? tanya si bapak
sebentar pak, saya carikan datanya dulu.....jawabku
setelah aku cari datanya dan ketemu ternyata memang anaknya tinggal mengambil tugas akhir/skripsi. Tapi aku lihat lagi ternyata tugas akhir itu sudah diambil 6 x, wah sungguh cuma buang-buang uang aja.
Kira-kira kapan anak saya wisuda ya bu....? kata si bapak
ya kalau udah selesai skripsinya pak ....jawabku. Melihat orang tua mahasiswa kasihan juga karena jauh-jauh datang dari palembang hanya mendapatkan kekecewaan saja.

Kasihan orang tua yang mencari biaya tapi anaknya malah tidak bisa menyelesaikan dengan tepat waktu. apa mungkin karena kurangnya komunikasi antara mahasiswa dengan orang tua, apa memang si anak yang agak tertutup/bermasalah karena takut sama orang tuanya.
Mungkin ini bisa buat referensi kita sebagai orang tua bahwa komunikasi terhadap anak itu sangatlah penting karena disitu kita bisa mengontrol si anak.

Salam Manis. 

68 komentar:

  1. emang begitu mbak ...apapun pekerjaannya pasti punya dampak masing2, suka dan dukanya pasti ada...
    soal komunikasi emang penting agar anak bisa tercontrol....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting memberikan data yang akurat aja biar orang tua bisa menkontrol anak dengan baik, kasihan sudah bersusah payah membiayainya.

      Hapus
  2. kashan ya, semoga anakku nanti tidak seperti itu Ya Allah. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin...semoga kelak bisa mendidik anak dengan baik dan bisa memberikan contoh yang baik pula.

      Hapus
  3. Setuju banget mbak.. saya pernah tulis tema yg mirip, tapi dari sudut pandang mahasiswa yang udah kelar kuliah hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup..kadang aku tak tega melihat orang tua bila datang ke kampus dan memohon-mohon tuk cari data.

      Hapus
  4. apapun kesibukanya harus pandai-pandai mengatur waktu untuk selalu berinteraksi bersama keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena komunikasi sangatlah penting, biar orang tua tenang dan bisa memantau anak dengan baik.

      Hapus
  5. orang tua bener-bener memperhatikan anak tapi yang jadi anak tidak memperhatikan orang tua, dengan belajar tekun, baik sekolah cepat selesai tidak membuang-buang waktu orang tua pasti sangat berterima kasih dan senang karena ini salah satu bentuk bakti anak pada orangtua

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bangets pak, kadang saya juga ikut gemes sama anaknya kog bisa berbuat begitu, padahal di kuliahkan jauh2x biar bisa menimba ilmu dan supaya bisa dapat kerja yang mapan eehh..malah seenaknya aja...

      Hapus
  6. alhamdulillah bu.. saya angkatan 2007 sudah lulus desember kemarin.. :)
    mungkin perlu di motivasi lagi.. :)

    BalasHapus
  7. kadang yang membuat terlambat itu karena mahasiswa ingin berkerja dulu..tp kadang kalau sudah bekerja jadi malas menyelesaikan kuliahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener kata mbok #eh
      kalo udh kerja itu bisa dapat apa yg dia mau dari duit sendri, lama2 ketagihan,, intinya dari pada ngabisin duit untuk kuliah mending kerja bisa nabung *pikiranku yang sempit sih*

      Hapus
    2. bila diselesaikan dulu kuliahnya akan mendapatkan ijazah yang bisa buat cari kerjaan yang lebih enak.

      Hapus
  8. wah, kasihan juga sama orangtua yang jauh2 datang dari palembang namun harus mendapati kenyataan begitu ya mbak, mudah2an si anak bisa lebih serius menuntaskan kuliahnya itu ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kasihan sekali, kadang gak tega sekali..udah datang dari jauh tp rasa kecewa yang di dapat.

      Hapus
  9. begitulah kehidupan sekarang..kadang komunikasi mengalami kebuntuan dan berakibat buruk pada semua sisi kehidupan ..termasuk masalah kuliah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...ternyata komunikasi sangatlah berperan bagi yang hidupnya jauh dari orang tua.

      Hapus
  10. sp anak2 dewasa pun memang sebaiknya komunikasi yg baik hrs tetap di jaga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..karena dengan komunikasi lancar semua urusan jadi lancar pula

      Hapus
  11. semoga cepet slesai mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup..semoga lekas diselesaikan nkuliahnya kasihan orang tua

      Hapus
  12. Alhamdalillah sehat..
    aku sangat tertarik dengan paragraf terakhir..
    terkadang ada sebagian orang tua acuh tak acuh mahasiswa..
    seolah memberikan dia dewasa. padahal setidaknya menjadi orang tua harus bisa mengontrol atas anaknya..
    I like it

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, saling mengingatkan antara orang tua dan anak sangatlah penting..semoga bisa saling menyadari biar kedepannya jadi lebih baik

      Hapus
  13. Memang sudah seharusnya lah komunikasi antara anak dan orang tua untuk membicarakan tentang perihal pendidikanya yg masih merekah jalani

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, biar terjalin komunikasi yang lebih baik dan tentunya hasilnya akan baik pula.

      Hapus
  14. komentar saya kemaren masuk SPAM ya Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya belum buka emailnya...

      Hapus
  15. Duuuh, kasian orang tuanya doong kalo gitu. dr 2004 harusnya udah S3 kali yak.
    Sy ajah mana yang dikuliahin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lama bangets..mungkin aja udah jd doktor ya..

      Hapus
  16. wahhhh,, lama sekali yah gak selesai selesai mba :))
    apa gak BT yah kuliah terus, seharusnya tahun ini atau tahun2 sebelumnya udah kerja dan berpenghasilan sendiri kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, ternyata waktunyaterbuang dengan sia-sia.

      Hapus
    2. iya mba,, jadi sayang banget sama waktu yg terbuang,,
      waktu adalah uang, apa kita rela membiarkan waktu mengalir begitu saja,

      Hapus
    3. mungkin dia yang ada hanya bersenang-senang aja, tanpa memperhatikan ortu yang sudah banyak mengeluarkan biaya.

      Hapus
  17. :) nanti ada saatnya kali mbak, terus support saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau kelamaan kasihan orang tua yang membiayai, mungkin biayanya bisa untuk adiknya...

      Hapus
  18. Komunikasi memang mutlak perlu agar saling terbuka dan tidak ada kesalahpahaman. Menyelesaikan Kuliah adalah Mulia dan sebagai salah satu bentuk rasa terima kasih karena sudah ada yang berkorban membiayai

    BalasHapus
    Balasan
    1. membanggakan orang tua adalah tugas si anak, makanya harus selesai sesuai dengan harapan orang tua..

      Hapus
  19. kominikasi, perhatian itu aq rsa hal xg harus ada untuk menjalin hub xg harmonis dan tentram tampa ada kata BOHONG, dan sesuatu xg jelek

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena jujur dengan orang tua itu akan mendatangkan kebaikan..

      Hapus
  20. postingan yang sangat menarik, bagus..........
    memang pada umumnya begitu, seorang mahasiswa kadang^ kurang memahami akan kecemasan orang tuanya, disamping komunikasi bisa saja tidak terjalin secara lancar (terputus), Namun demikian kita juga sebagai orang tua perlu sekali melakukan sistim pendekatan sehingga anak juga akan paham yg dicemaskan orangtua, kadang juga si anak terlalu bebasa dalam pergaulan sehingga mudah terpengaruh dg lingkungan yg kurang mendukung.....
    tetap saja kita perlu bersabar, dan selalu memperhatikan dengan Tips^ yg bisa diterima oleh si Mahasiswa.....
    Terima kasih sahabat...sudah sharing....
    ohya saya suka blog ini dan follow 56, jika tdk keberatan ditunggu follow balik ya sob....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungannya....siaap follow balik

      Hapus
  21. saat kuliah ortu slalu nanya: kapan salesai? begitu kelar, pertanyaan baru muncul: kapan kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu sudah seharusnya..terus kalau udah kerja yang ditanya kapan nikah...hehheee

      Hapus
  22. waaahhhh.....sbar pak....kasihan bangettt,lagian kemana tu..anak...suruh nikah aja mbak....kan bisa berkembang biak..heeeee..heeee.....abisss..ikut gedek ni.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee...anaknya cuma main dan dikost tidur aja.
      emang kadang ikut emosi juga kog aku ama anaknya.

      Hapus
  23. nanti kalo kuliah udah selese, kekhawatirannya ganti jadi
    kapan anakku kerja
    heheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu udah menjadi hukumalam kg...semoga aja kedepannya menjadi lebih baik

      Hapus
  24. Maaf sob, baru bisa kunjung. Hehehe.

    Wah, kalo dari 2004 sih namanya kebangetan. Gak kasian ortu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..yang telat entar disuruh push up lo..
      emang kebangeten kog...gak aksihan ortu yang cari biaya.

      Hapus
  25. Balasan
    1. silahkan..makasih atas kunjungannya

      Hapus
  26. Memang ironis ya mba..terkdng para anak lebih dominan curhat pada teman atau orang di luar rumah ketimbang sama orang tuanya sendiri..
    Peran orang tua memang sangat diperlukan untuk membiasakan putra-purinya dari masih kecil buat slalu berkomunikasi agar dewasa kelak sudah menjadi satu kebutuhan..dan kebiasaan..
    Nice ibfo..makasih share ibfonya mba..salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, belajar komunikasi mulai dari dini sangatlah penting...

      salam kenal juga

      Hapus
  27. semoga anak2 kita besok ga seperti itu.... amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin...harus kita terapkan mulai dari sekarang supaya bisa berkomunikasi dengan orang tua

      Hapus
  28. Mampir lagi sob. Met beraktifitas.

    BalasHapus
  29. mdh2an saya bisa cepat2 lulus 4 tahun...amiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin...bila ada kemauan past banyak jalan dan kemudahan

      Hapus
  30. Kok belum posting lagi nih. :D

    BalasHapus
  31. cerita ini mirip saya nih....jadi malu.
    tapi sekarang sih gelar udah nempel loh...:o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee........byk kesamaan aja, selamat ya

      Hapus
  32. Kesian pada bapa mahasiswa itu..
    setuju dgn Mbak Iis komunikasi dengan anak itu sangat penting..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, dengan komunikasi yang lancar pasti semua juga akan lancar.

      Hapus
  33. Saya sebagai generasi muda mendukung banget dengan adanya komunikasi .... emang kalo sekolahh jauh tanpa komunikasi sama orang tua..ada untung juga ada ruginya..kalo keseringen...bikin repot...kalo nga pernahhh juga bikin repott{pengalaman waktu pkl di luar kota]hehee.. tapi orang tua juga harus berperan aktif dalam pengawasannya...tapi jangan malah bikin anak nga nyaman dalam pengawasan tersebut...
    hehehe sekalian curhat

    BalasHapus
  34. mbak.. mbak... saya sudah jadi mahasiswi baru(masih mau ospek) ni di sebuah PTN di malang, yah saya akan berusaha dan membanggakan orang tua saya dengan lulus tepat waktu. amin....... :)

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno