Home » » Cerita Anak-anak

Cerita Anak-anak

Kali ini mau cerita aja mengenai kenakalan anak yang terkadang hanya karena masalah sepele tapi berakibat sangat serius, terkadang anak-anak memang suka bikin jengkel orang tua, tapi peran orang tua sangatlah penting disini karena sebagai panutan harus bisa bersikap sabar.
Es Krim


Ada cerita sedikit nich, sore tadi si ipan nanis karena minta dibelikan es krim coklat..., aku mau es krim coklat, bu...! dan tangis ipan pun semakin keras sehinga ibunya tambah bingung.
Pak, beli es krm rasa jeruk, kata Gita. "hmmm...Enaknya.." kata si Gita sambil menikmati es krimnya. Tangis Ipan malah tambah semakin keras. Terpaksa ibunya Ipan membelikan es krim biar tidak menangis lagi.
"Ipan jangan jajan terus ya, tadi udah beli roti, siomay, bakso, permen. ibu  tidak punya uang lagi, kata ibunya dengan sedih.
Esnya enak bu, sekarang Ipan mau naik sepeda keliling kampung.
hati-hati jangan ngebut, Ipan. kata ibunya.
Ipanpun naik sepeda dengan tergesa-gesa sehingga tidak memperhatikan jalan berlubang. 
Braaaaaaaak......akhirnya Ipan pun terjatuh dari sepeda.
Aduh...!! ia merintih kesakitan pakaiannya jadi kotor.
karena sakit dan es krimnya kotor akhirnya Ipanpun menangis lagi. Akhirnya ibunya Ipan mengajak pulang.
Bapaknya Ipan pulang dari kantor , kenapa Ipan menangis bu ?
Ibu pusing, Ipan nakal, pak.
Jatuh dari sepeda

Setelah mandi sore Ipan asyik bermain menggambar dan mewarnai dengan krayon barunya.
Wah, krayonmu baru ya pan ? tanya si Riski.
Iya, warnanya bagus kan ?
Sini aku pinjem buat mewarnai, kata Riski sambil merebut krayon Ipan.
Huu...., jangan nanti patah ! enak aja, krayon baru kog dipinjem.
Dasar pelit, pinjem aja tidak boleh...kata Riski.
biarin pelit, sana ambil krayonmu sendiri, kata Ipan.
pan kenapa teriak-terika ? tanya ibu
Tante aku hanya ingin pinjem krayon tapi gak boleh, Ipan kenapa tidak boleh, jangan bertengkar, nanti kamu tidak punya teman lo, kata ibu
Biarin tidak punya teman, kat Ipan.

Rebutan krayon
Malam hari menjelang tidur, seperti biasa Ipan gosok gigi, setelah itu minta dikeloni ibunya dan minta didongengkan. Kali ini ibu akan mendongeng tentang dua malaikat Roqib dan Atid, kata ibu.
Malaikat itu apa to bu ? kata Ipan,
Malaikat itu adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak bisa terlihat oleh manusia. Malaikat Raqib ditugaskan Allah mencatat kebaikan dan malaikat Atid mencatat keburukan manusia.
Malaikat Raqib mencatat kebaikan seseorang. Kalai Ipan berbuat baik, tidak nakal, tidak pelit dan menurut sama orang tua maka akan dicatat dipundak sebelah kanan. Kelak bisa masuk surga, jelas ibunya.
Kalau Nakal, suka membantah, pelit, jahat, maka malaikat Atid akan mencatat keburukannya dipundak sebelah kiri. Nanti bisa masuk neraka, lanjut ibu.
Akhirnya Ipanpun tertidur lelap. Ia bermimpi di datangi malaikat Atid, dia pun ketakutan karena dia ingat kenakalannya sore tadi. Ipanpun berjanji tidak akan nakal lagi. Betul ya nak, kata ibu.
Sekarang Ipan tidak ribut lagi minta jajan, ia juga rajin membantu pekerjaan ibu, terhadap temanpun tidak nakal lagi. Ipan selalu berbuat baik karena biar dicatat malaikat raqib karena banyak amalnya.

Sore itu pan diajak ibunya ke masjid. Bu, apa malaikat selalu mengikuti kita terus? tanya Ipan
tentu saja, sayang. Makanya buatlah selalu catatan kebaikan ya, kata ibu.
Sholat bersama
Kadang anak-anak susah untuk diberitahu,mungkin dengan cara mendongengkan atau cerita akan lebih di cerna maknanya........Selamat membaca semoga bermanfaat.

Salam manis dari Mbak Iis.

40 komentar:

  1. iya...sepakaat. kena misinya. dongeng ya mbak. memang efektif tu sejauh ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena bahasa anak sangat lugu dan harus dibikin mengerti dan jelas...

      Hapus
  2. wah menginspirasi ceritanya mbak
    nanti saya coba buat meluluhkan bocilbocil yg nakal
    terima kasih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya sharing aja, semoga aja bermanfaat....

      Hapus
  3. ini sih uda masuk tips mendidik anak.. sangat bermanfaat!! bisa buat bekal besok kalo udah nikah. hehee :)

    nice post :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mendidik anak sangatlah sulit..untuk itu perlu pemikiran yang jitu biar gak salah jalan....

      semoga bisa bekal buat nanti kamu jika udah punya anak...hehheee

      Hapus
  4. posting bagus mbak..anak-anak paling suka sama dongeng,dan sangat bagus untuk mengembangkan imajinasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar didikan mengena pada anak memang harus pandai orang tua untuk mencari bahan didikan....

      Hapus
  5. Betul mbak, dongeng memang bisa jadi salah satu alternatif untuk mengajarkan nilai moral sama anak tuh.
    *mari belajar mendongeng \(>o<)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul , harus pandai2xnya orang tua untuk mencari bahan cerita biar anak mau mendengarkan....

      Hapus
  6. Sewaktu kecil aku paling suka jika diceritakan tentang cerita wayang. sampai sekarang sampai hafal tentang alur pewayangan dan tokoh wayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jaman udah berubah, apalagi orang tua muda sekarang tidak tahu pewayangan termasuk aku...hehheee,

      Hapus
  7. mantep deh ceritanya, mengajarkan anak dengan cerita... semoga bisa membimbing anak2 dengan baik ya say

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena anak-anak sekarang pinter-pinter, kita sebaai oran tua harus bisa cara untuk mendidik anak say...

      Hapus
  8. suka ma postingan ini^^
    Gak hanya dapat cerita gambaran tentang kelakuan anak secara umum, tapi juga dapat tips cara mengatasinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya namanya aja juga berusaha supaya anak tetep baik...maksh kunjunannya

      Hapus
  9. anak kecil memang ga bisa dilarang ya.. semakin dilarang malah semakin dilakukan, tapi kalo metode pengajarannya dengan mendongeng atau diberi contoh bisa jadi efektif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum tidur anak biasanya minta di dongengkan, mungkin itu cara yang efektif untuk memberikan bimbingan melalui cerita....

      Hapus
  10. Betul mbak, kayaknya anak2 lebih mudah dipengaruhi dengan dongeng2 hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp pembelajaran anak kadang juga harus keras biar tidak salah jalan....

      Hapus
  11. dunia anak adalah dunia keceriaan
    bermain dan mendengar cerita adalah kesukaan anak-anak. mengajarkan kebaikan lewat bermain dan mendongeng akan lebih cepat ditangkap si anak insyallah.

    wajar saja kalau anak-anak rasa keingin tahuannya lebih besar mungkin dulu waktu kita seusia mereka juga begitu hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenakalan anak yg wajar dpt kita kendalikan dengan mendidik ddan memberitahukan kebaikan dan keburukannya....insya alloh kalau kita arahkan akan menerti juga..

      Hapus
    2. betul mbak, yang penting sabar dalam mengajarkannya

      Hapus
  12. Berubah gara2 mimpi. Hebat mbak' :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang bermimpi bisa menginspirasi kita untuk berbuat yang positif...

      Hapus
  13. Namanya juga anak anak, belum faham betul hukum sebab akibat. Orang tua harus di tuntuk lebih sabar dan mengerti. Orang tua sudah pernah jadi anak, tetapi anak belum pernah jadi orang tua.
    Jadi ortu harus bersikap lebih bijak menghadapi kenakalan anak anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul...ujian buat orang tua bila anak nakal..itulah yang harus diselesaikan

      Hapus
  14. Referensi berikutnya jika kelak Allah titipi kami anak :)

    Nice mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee........entar aku kasih cerita yang lain, semoga lekas dapat momongan...amiiin

      Hapus
  15. kenapa ya ketika aq buka artikel ini eskrim duluan yang terekam oleh otak.. hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lagi pingin es krim ya....hehhe

      Hapus
  16. ada aja yang selalu diceritakan ibu tentang anaknya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah naluri seorang ibu untuk membuat anaknya mengerti...karena dengan bercerita anak akan lebih bisa mencerna

      Hapus
  17. Ceritanya bagus, mbak. Anak2 sekarang kayaknya "suka" bertengkar tapi kreatif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gara2x sepele aja bisa bertengkar...tiap hari aku mengalami sendiri dan harus extra hati2x untuk melerainya...hehhee

      Hapus
  18. postingan ini sangat bagus sobat, di dalamnya banyak pengetahuan dan pelajaran untuk menjadi perhatian kita bersama, terutama sebagai orang tua terhadap anak-anaknya...
    terima kasih sobat
    salam perkenalan dan sukses buat anda
    thanx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. didik anak bisa melalui apa aja, yang penting gampang dicerna atau dimengerti....

      makasih sudah mau mampir, salam kenal....thanx

      Hapus
  19. mampir lagi sekedar nyambung silaturrahmi :D

    happy blogging :)

    BalasHapus
  20. Wah ada-ada aja cerita kamu Mbak. Bagus bagus bagus, i like it

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno