Home » » Tata Cara Makan

Tata Cara Makan

Perlengkapan Makan
Selamat berbuka puasa bagi sobat semua yang lagi berpuasa, makanlah yang secukupnya biar perut tidak sakit. Eh ngomong-ngomong mengenai makan pernahkan sobat semua terpikir mengenai tata krama makan. Karena tata cara/tata krama mengenai makan sangatlah penting sekali, karena dari daerah satu ke daerah lain berbeda-beda. Dengan mengetahui tata cara makan kita sangat luwes atau tidak kaku bila berada di daerah lain. Misalnya bila di daerah lain makan dengan tangan dianggap sopan, namun didaerah lain itu dianggap tidak sopan. 

Contoh Makan dengan Tangan
Beberapa tata cara makan yang bersifat umum perlulah diperhatikan, apalagi bila ada acara resmi. Bahkan waktu duduk di meja makanpun harus diperhatikan, demikianpun bila hendak berdiri dan keluar. Geserlah kursi perlahan-lahan waktu hendak duduk, dengan memperhatikan jarak, jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat dengan meja. Serbet makan yang terlipat dibuka dan dletakan diatas pangkuan untuk menadah makanan yang mungkin jatuh. Selesai makan, dekatkan kembal kursi dengan meja. Serbet boleh digunakan untuk mengusap bibir secara perlahan-lahan, namun jangan sekal-kal dgunakan untuk menghusap ingus.....hehheeee. Dan jangan makan sambil bicara karena bisa menyebabkan keselek atau bersendawa.

Contoh Duduk di Meja Makan Dalam Acara Resmi
Selain itu, waktu sedang makan hendaknya diperhatikan agar tangan yang digunakan untuk mengambil makanan dengan sendok/garpu, tidak disandarkan diatas meja. Dengan demikian tangan leluasa bergerak dan makananlah yang menjemput mulut bukan mulut menjemput makanan. Bahkan cara memegang sendok dan garpupun harus diperhatikan, apabila dikasih air kobokan (cuc tangan) cukup digunakan untuk membasahi ujung jari saja. Kalau waktu makan ada sisa makanan yang terselp di gigi yang berlubang kita bisa membersihkan dengan jari/ tusuk gigi tapi mulut harus tetap dalam keadaan tertutup dengan tangan atau serbet makan. Usahakan air yang diminum jangan buat kumur.

Berdo'a sebelum dan sesudah makan adalah kebiasaan yang terpuji. Biar bagaimanapun makanan adalah pemberian Alloh SWT. Kita patut mensyukuri berkat-Nya. Hormatilah makanan ! Ingatlah jerih payah kita dan jangan pernah membuang-buang makanan karena kurang sopan.
Tata krama dalam waktu makan akan menunjukan kepribadian kita. Karena itu, janganlah dilalaikan hal-hal kecil yang tampak tak berarti. Marilah berusaha untuk yang terbaik.


Salam Manis

92 komentar:

  1. ilmu baru, 'makananlah yg menjemput mulut bukan mulut yang menjemput makanan'
    nice post :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karena kalau yang mulut menjemput makanan nant kesannya membungkuk dan kelihatan sangat doyan banget...hehhe

      Hapus
  2. iya nih saya sering abai terhadap tatacara seperti ini. cenderung nggak tertib dan ngasal. OK, makasih ilmunya Mbak. akan coba saya terapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu pertama kal dapat pelajaran tata cara makan juga gak bsa kog dan cenderung canggung....belajar dan belajar terus

      Hapus
    2. iya, memang harus dibiasakan.

      Hapus
  3. saya kalau makan pakai tangan tu ngga suka dan pasti cari sendok buat makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak terbiasa memang susah pak dan terkesan jorok..

      Hapus
  4. makan dengan tangan?
    hmm, seperti sunnah Nabi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebh enak ya, apalagi menu makannya yg gak berkuah....kenikmatan tersendiri ya.

      Hapus
    2. tentu.. pake sendok sudah pernah di pake orang lain (barang second) sedangkan tangan sendiri itu barang baru dan eksklusif.. :)

      Hapus
    3. weh lupa.. pake akun blogger yang lain nih.. :D

      Hapus
    4. hehhee....mesti sering makan pakai tangan ya,
      wah banyak akun nich ceritanya

      Hapus
  5. Ini menarik juga. Bagi saya tata cara makan sangat penting apalagi jika kita sedang di pesta pernikahan orang lain, undangan kantor. Ada makan membuat kita berwibawa dan elegan. Thanks sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee....iya, bila tdak tahu tata cara bisa malu sendiri kalau ada yang salah.

      Hapus
  6. wah menarik tuhh.,

    yang makan ama tang itulohh guokil mbak., wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking lapernya jadi tidak peduli....hehhee

      Hapus
  7. salam kenal mba...dan thanks tips nya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenal kembali, mksh kunjungannya

      Hapus
  8. Waduh, kalo biasanya makan sambil bungkuk. Sekarang harus dirubah. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya harus dirubah , entar masih muda kog bungkuk..hehhee

      Hapus
  9. Apapun pendapat orang, saya pribadi merasa sangat tidak nyaman saat menghadiri undangan dimana kita menikmati hidangan harus sambil berdiri. Bagaimanapun, lebih nyaman dan lebih 'sopan' bila kita makan sambil duduk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, lupa bilang terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini. Salam kenal.

      Hapus
    2. betul sekali, karena kalau makan sambil berdiri tidak nyaman dan makanpun serasa tidak enak...

      Hapus
  10. ucapan ini untuk besok insya Allah...

    selamat berbuka puasa ya.., *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. met buka puasa juga...semoga barokah

      Hapus
  11. makan sambil duduk lebih utama daripada makan sambil berdiri, karena makan sambil berdiri hukumnya makruh, kenapa makruh karena bisa menyebabkan penyakit.. :)
    selamat berbuka bu dan met sahur juga nanti..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kalau makan sambil berdiri juga tidak sopan itu menurut adab ketimuran..

      selamat menjalankan ibadah puasa

      Hapus
    2. semoga ibadah puasa kita diterima Allah.. Aamiin..

      Hapus
    3. amiin ya robbal alamin

      Hapus
  12. Gambar yang makan pakai tangan itu kelihatan sangat lahap....

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfa,at share nya ini mbak.. Hal2 semacam ini patut di biasakan

    BalasHapus
  14. makan yg pake tangan itu sebetulnya yg nikmat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp bila pada kondisi yang resmi diangggap tidak sopan..

      Hapus
  15. sungguh ulasan yang sangat menarik dan mudah dipahami mengenai tata cara makan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok. mksh, semoga bermanfaat

      Hapus
    2. hadir kembali menyapa...salam Ramadhan :)

      Hapus
    3. salam ramadhan juga...selamat mejalankan ibadah puasa

      Hapus
  16. artikel yang sangat menarik untuk tata cata makan sobat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang kita lalai dalam hal tata cara makan..

      Hapus
  17. Pelajaran yang bermanfaat kawan..
    terima kasih atas sharingnya

    BalasHapus
  18. . . wachhhhhhhhhhhhhhh,, ocae juga nich tipsnya. tapi aq heran dech. emank ada ya orang minum itu harus dikumur gitu?!? ichhhhhhhh,, apa gak jijik itu?!? huhh,, langsung mual^ dech nich perut aq. huhh . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheee....kadang ada aja mbak ulah manusia itu.

      Hapus
    2. . . ea juga sich,, tapi aq belum pernah liat orang kayak gitu. tapi jangan sampe dech. huhh . .

      Hapus
    3. ya semoga aja gak pernah lihat, mslhnya kalau lihat malah entar bisa muntah...hehheee

      Hapus
  19. Mampir mbak. Nunggu postingan baru. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah setia menunggu nich...siaaap cari postingan baru

      Hapus
  20. Kunjungan siang hari nan terik di Pontianak yang cukup puanasss. Nunggu artikel berikutnya hiihehiheiheieie. Ayem weiting

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pansa ngadem dulu pak, sambil nunggu postingan baru....hehhee

      Hapus
  21. tata cara makan yang sangat sopan sekali,,, salam kenal sob...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, moga aja bermanfaat...

      Hapus
  22. kalau makan dalam acara resmi saya sangat jarang sekali, maklum bukan orang kantoran, haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee....bukan orang kantoran juga boleh kog, kan kalau tahu ilmunya nanti pas ada undangan udah tahu...

      Hapus
  23. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, selalu berpikiran positif akan mendatangkan hawa yang positif juga.
      siaap kunjungan balik

      Hapus
  24. hhmmm jadi kepingin makan ,, eeeh lagi puasa ,, hikhikhik .. :D
    oh mesti di tutup mulutnya ya sat membersikan sisa makanan dengan tusuk gigi,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, mslhnya kalau tidak ditutup entar baunya kemana-mana..hehheee

      Hapus
  25. ilmu yang sederhana tapi sangat berbobot, jarang2 ada yang share,,makasih mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuup, semoga bermanfaat aja bagi pembaca semua..

      Hapus
  26. wah wajib diterapin nih... hehehehe

    BalasHapus
  27. bentar lagi bukanya mbak,heheheh
    ilmu baru nich mbak.cuma kebiasaan disini makan dengan tangan duduk bersila,bukan duduk di bangku.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee....duduk diatas tiker ya, sama saya juga suka..
      met buka puasa

      Hapus
  28. Kunjungan pertama di blog ini, tolong dilike ya, artikel yg menarik semoga makin rame pagenya :)

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya...salam kenal

      Hapus
  29. mampir lagi mbak. belum posting nih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum, lagi sibuk, ngurusi yg mau ujian

      Hapus
  30. izin meyimak dulu mbak . .
    nice share

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan...makasih kunjungannya
      salam kenal

      Hapus
  31. Tatacara makan nih bakal bubar kala kita sedang lapar berat! Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, karena rasa lapar bisa mengalahkan segalanya...heheee

      Hapus
  32. Wah ramai ya mbak, yg komen di sini.. semoga makin sukses dengan aktipitas nya..dan happy blogging..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh kunjungannya....happy blogging juga

      Hapus
  33. Assalamualaikum, salam kenal ya mbak.

    Kalau sesuai sunnah.
    - Menggunakan tangan kanan.
    - Jangan mencela makanan tersebut.
    "Apabila makanan tersebut tidak enak, maka tinggalkan makanan itu."
    - Memakan makanan yang dekat dari tangan (Kaetika ada sebuah hidangan)
    - Jangan memakan sekaligus dua macam seperti dua butir kurma, kecuali meminta izin kepada kerabat di sekitarnya.
    - Memulai makan dari pinggir, karena berkah itu turun di tengah-tengah makanan.
    - Jangan bersandar ketika makan.
    - Membersihkan makanan ketika jatuh dan membersihkan sisah makanan yang menempel di jari.

    "Sesungguhnya kalian tidak tahu terlatak pada bagian mana yang mengandung berkah" (HR. Muslim)

    CMIIW :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali, mksh kunjungannya dan tambahan untuk penerapan tata cara makan yang baik...semoga bermanfaat

      Hapus
  34. Balasan
    1. mongooo...silahkan duduk manis

      Hapus
  35. terimakasih ilmunya mbak, tata cara makan memang harus selalu di perhatikan ya, apalagi kalo kita di undang di suatu jamuan makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, biar tidak malu-maluan bila di tempat umum/orang banyak

      Hapus
  36. Makanan yang menghampiri kita bukan muka kita yang ngejar makanannya.. Pengalaman gue..teman gue bilang biar lebih berwibawa,,:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehheeee..betul sekali, entar dikirain mata jelalatan mencari makanan..

      Hapus
  37. numpang belajar makan yg baik di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau belajar bawa piring sendiri ya...hehheee

      Hapus
  38. minta tipsnya lagi dong mba, gimana biar makan gk bunyi2 gitu? aku udah belajar tapi masih aja ada kedengeran bunyi kalo ngunyah makanan..
    :)

    BalasHapus
  39. hal kecil yang sering dilupan orang, masih banyak yang makan sambil bicara..hhe, info yang bagus :)

    BalasHapus
  40. cari info resep makanan di http://bumbukita.com

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya.
Dilarang Spam, Promosi dan Porno